Sukses


Kamar Tidur Mungil Pada Rumah Minimalis Juga Bisa Ditata

Meski kamar tidur Anda sempit bukan berarti harus dibiarkan polos tanpa penataan yang oke. Dan agar nyaman dan tidak bosan, simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah modern minimalis yang biasanya berukuran mungil tentunya tidak bisa berharap punya kamar tidur yang superbesar dan lapang. Sesuai luas rumahnya, kamar tidur pun juga sempit dan mungil, asalkan bisa menampung ranjang dan satu lemari pakaian.

(Baca juga: Tips Menata Rumah Minimalis Agar Nyaman dan Harmonis)

Namun, meski kamar tidur Anda sempit bukan berarti harus dibiarkan polos tanpa ada penataan yang oke. Dan agar Anda tetap nyaman dan tidak bosan dengan kamar Anda, kini waktunya menata ulang kamar tidur sempit itu seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut.

1. Penempatan ranjang proporsional

Setidaknya peletakan ranjang menyisakan jarak 60-70 cm antara kedua sisi ranjang dan dinding di sebelahnya sehingga Anda bisa meletakkan meja kecil di sisi ranjang.

Jika memang luas kamar Anda tidak memungkinkan untuk menyisakan jarak tersebut, posisikan salah satu sisi ranjang untuk menempel pada dinding.

2. Hias dinding

Kamar tidur yang sempit tak harus membiarkan dindingnya polos atau kosong. Gunakan dinding sebagai daya tarik kamar Anda, misalnya salah satu sisi dinding dicat dengan warna yang berbeda atau menggunakan wallpaper bergambar pohon atau hias dengan lukisan atau foto.

Jangan biarkan dinding polos tanpa dekorasi karena akan memberikan kesan monoton.

3. Manfaatkan dinding sebagai ruang menyimpan

Jangan lagi menambah lemari lagi untuk menyimpan tas atau buku Anda. Gunakan dinding sebagai tempat untuk menempelkan rak lalu letakkan buku, serta barang kecil lainnya agar tidak berserakan di kamar Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menata Kamar Mungil

4. Furnitur multifungsi

Jangan hanya puas dengan satu fungsi furnitur. Pastikan setiap furnitur memiliki fungsi lebih dari satu. Misalnya bagian bawah ranjang terdapat laci untuk menyimpan seprai, selimut, atau barang lainnya.

Selain itu ada pula meja serta kursi rias yang memiliki laci di bagian bawahnya. Sofa pun ada yang menyediakan tempat penyimpan di bagian bawahnya.

5. Atur penerangan

Lampu dinding akan lebih menghemat tempat dibandingkan lampu meja yang membutuhkan alas. Selain itu pilih cahaya lampu yang kekuningan untuk membuat suasana lebih hangat dan nyaman.

Pencahayaan lampu dari bawah akan memberikan kesan plafon lebih tinggi dibandingkan selalu menggunakan lampu dari atas.

6. Lemari geser

Memilih pintu lemari yang digeser akan lebih menghemat lahan kamar dibandingkan menggunakan lemari dengan pintu yang dibuka ke arah luar—berisiko membuat pintu menabrak ranjang Anda. Lemari yang menempel di dalam tembok pun bisa jadi pilihan.

Enam langkah di atas dijamin akan bikin kamar tidur mungil di rumah minimalis Anda jadi lebih nyaman dan sedap dipandang. Cek di sini untuk pilihan perumahan bergaya modern minimalis dengan harga di bawah Rp1 miliar!

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini