Sukses


Jurus Menata Meja Makan di Rumah Minimalis

Ubah ruang makan yang mungil agar terlihat menawan. Kuncinya adalah tepat dalam memilih dan menata meja makan. Simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Ruang makan merupakan salah satu area vital dalam sebuah hunian. Meskipun rumah Anda bergaya minimalis namun tetap usahakan agar tetap ada ruang makan didalamnya. Karena tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyantap hidangan, ruang makan juga kerap menjadi area berkumpul bersama keluarga.

(Baca juga: Aneka Pilihan Warna Ruang Makan yang Menggugah Selera)

Karena itu penting untuk mendesain ruang makan dengan baik agar tercipta suasana yang nyaman. Masalahnya dengan ukuran ruang yang terbatas terkadang untuk meletakkan meja makan saja kita sudah kesulitan.

Namun tak perlu khawatir. Anda tetap bisa, kok, mengubah ruang makan yang mungil agar terlihat menawan. Kuncinya adalah tepat dalam memilih dan menata meja makan. Simak tips yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

Meja rendah

Jika ingin menciptakan nuansa berbeda, Anda juga dapat menggunakan meja tatami khas Jepang.

Untuk membuat ruang makan yang sempit agar terlihat luas, gunakan meja makan berpotongan rendah. Meja makan rendah akan membuat ilusi luas karena pandangan Anda jadi lebih leluasa.

Jika ingin menciptakan nuansa berbeda, Anda juga dapat menggunakan meja tatami khas Jepang. Tak perlu lagi menggunakan kursi besar, cukup kursi mini dengan bantalan duduk. Ini akan menghemat ruang dan membuat ruang lebih clean.

Meja lipat

Lengkapi meja lipat dengan jenis kursi lipat sehingga saat tidak dipakai kursi juga bisa disimpan di salah satu sudut ruang.

Untuk menyiasati ruang yang terbatas, Anda dapat juga menggunakan model meja lipat. Meja lipat dapat disatukan dengan dinding atau lemari. Anda dapat membukanya kapan saja saat ingin menggunakan.

Setelah selesai digunakan tinggal lipat kembali seperti semula, dan ruang akan kembali lapang. Lengkapi meja lipat dengan jenis kursi lipat sehingga saat tidak dipakai kursi juga bisa disimpan di salah satu sudut ruang.

Meja kayu dengan bangku panjang

Untuk membuat tampilan berbeda, Anda dapat mengecat meja dengan warna cerah seperti putih atau pastel.

Satu set meja kayu dengan bangku panjang merupakan pilihan yang tepat untuk menciptakan ruang makan minimalis. Desain meja yang simpel cukup ampuh menghemat ruang. Letakkan ujung meja menempel pada dinding.

Untuk membuat tampilan berbeda, Anda dapat mengecat meja dengan warna cerah seperti putih atau pastel. Saat tidak digunakan, bangku dapat dimasukkan ke bagian kolong meja sehingga lebih rapi. Agar menarik Anda bisa menambahkan vas bunga atau kaktus mini di atasnya.

Jurus Bikin Meja Makan Tampak Menawan

Satukan dengan dapur menggunakan meja bar

Agar nyaman Anda bisa mendekorasi sekitarnya dengan pernak-pernik atau lampu gantung di atasnya sehingga menciptakan suasana hangat dan kekeluargaan.

Untuk menghemat ruang, Anda dapat menyatukan area makan dengan dapur. Buatlah meja bergaya kitchen bar yang memuat 2-3 kursi. Meja bar akan menghemat ruang karena memiliki desain minimalis.

Agar nyaman Anda bisa mendekorasi sekitarnya dengan pernak-pernik atau lampu gantung di atasnya sehingga menciptakan suasana hangat dan kekeluargaan.

Meja kecil

Tempatkan di dekat jendela terbuka sehingga terlihat terang dan tambahkan 2-4 kursi untuk melengkapinya.

Untuk ruang yang kecil, pilihlah meja makan yang juga berukuran kecil. Memilih meja terlalu besar akan membuat ruang ‘kebanting’. Meja bulat atau persegi berukuran kecil dengan warna putih atau cerah sangat cocok untuk ruang makan minimalis.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp500 jutaan)

Tempatkan di dekat jendela terbuka sehingga terlihat terang dan tambahkan 2-4 kursi untuk melengkapinya. Untuk mempercantik tampilan Anda bisa menambahkan vas bunga di atasnya.

Meja lonjong

Meja lonjong akan lebih fleksibel dan menghemat ruang dibanding meja dengan lingkaran besar atau persegi panjang.

Jika Anda menginginkan meja yang sedikit lebih besar, pilih desain meja yang lonjong. Meja lonjong akan lebih fleksibel dan menghemat ruang dibanding meja dengan lingkaran besar atau persegi panjang. Desain lonjong juga membuat kesan lebih ringan dan tidak kaku.

Manfaatkan sudut ruang dengan Sofa L

Desain seperti ini akan memaksimalkan ruang yang ada. Selain itu desain sofa L akan membuat area meja makan terlihat menarik dan cathcy.

Sudut kosong bisa menjadi tempat yang tepat untuk meletakkan meja makan. Anda bisa menggunakan meja persegi yang tidak terlalu besar. Lalu buatlah bangku atau sofa berbentuk L mengikuti sudut ruang sehingga Anda tak perlu lagi membeli banyak kursi.

Desain seperti ini akan memaksimalkan ruang yang ada. Selain itu desain sofa L akan membuat area meja makan terlihat menarik dan cathcy.

 

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.