Sukses


Tingkatkan Tabungan DP Rumah, Kurangi Daftar Belanjaan

Anda bisa berhemat dan meningkatkan jumlah tabungan untuk DP rumah, loh! Tidak percaya? Simak daftar belanjaan yang tidak perlu dibeli lagi!

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk memiliki rumah idaman, salah satunya dengan mulai melakukan tinjauan ulang tentang barang yang kita beli sehari-hari. Meskipun terkesan kecil dan sepele, namun beberapa barang sekali pakai ini seringkali kita beli dalam jumlah yang lumayan besar sehingga lumayan menyedot porsi bujet belanja bulanan.

(Baca juga: Pembeli Rumah Pertama Harus Tahu 8 Hal ini!)

Padahal jika berhenti dibeli, Anda jadi bisa berhemat dan meningkatkan jumlah tabungan untuk uang muka pembelian rumah, loh! Tidak percaya? Simak daftar belanjaannya yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Minuman Kemasan

Membeli minuman kemasan botol dianggap sebagai pengeluaran yang kurang penting. Baik dalam bentuk soda, kopi, teh, maupun air mineral. Minuman tersebut mengandung pengawet dan pemanis yang tinggi dan tentunya menimbulkan sampah plastik.

Minimalisir hal tersebut dengan membawa air di botol isi ulang dari rumah. Pembelian galon air minum kemasan juga bisa dihindari dengan cara membeli alat pemurni air yang menyaring air keran menjadi air siap minum.

2. Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan mengandung bahan kimia yang berbahaya apabila terkena kontak langsung dengan anak-anak. Harganya yang cukup mahal, mulai dari Rp10 ribu – Rp35 ribu perbulan untuk satu pewangi.

Daripada membeli pewangi ruangan sekali pakai, Anda bisa menghilangkan bau tak sedap di ruangan dengan bahan alami. Misalnya menggunakan bubuk kopi yang diletakkan di wadah mangkuk lucu atau dibungkus dan digantung pada sudut lemari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Belanjaan yang Tidak Perlu Dibeli Lagi

 

3. Produk Pembersih

Ketika bersih-bersih rumah, seperti mengepel lantai, mengelap kaca dan perabot Anda mungkin terbiasa menggunakan produk pembersih kemasan. Padahal kandungan bahan kimianya bisa merusak permukaan perabot jika digunakan terus menerus.

Buat sendiri bahan pembersih dengan mencampurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk wewangian.

4. Popok Sekali Pakai

Saat ini, popok yang bisa dipakai ulang atau dikenal dengan clodi (clothing diaper) menjadi tren di kalangan orang tua baru. Pasalnya, selain ramah lingkungan dan ekonomis, penggunaan clodi terbukti minim resiko alergi pada kulit bayi.

Pilih jenis clodi dari bahan dan harga yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Dekorasi Pesta

Ada beberapa momen penting dalam hidup ini yang membuat Anda ingin merayakannya dengan pesta. Misalnya ulang tahun, pertunangan, ataupun kelahiran buah hati.

Akan tetapi, membeli dekorasi pesta dengan harga yang mahal tentu saja merupakan sikap pemborosan. Agar lebih berkesan, sebaiknya buat dekorasi yang sederhana dan dibuat dengan tangan sendiri.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah untuk bujet di bawah Rp200 juta)

6. Koran, Majalah dan Buku

Di era digital seperti saat ini segala sesuatu bisa Anda unduh secara online, loh! Tidak hanya musik, namun juga yang berhubungan dengan dunia informasi seperti majalah, koran, dan tabloid.

Bahkan jika Anda nyaman membaca lewat layar gawai, tidak ada salahnya membeli buku digital atau ebook ketimbang membeli buku fisik. Tentunya lebih praktis dan hemat biaya.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.