Sukses


Trik Hemat Ruang di Rumah Tipe 36

Dengan penataan ruang yang tepat, rumah tipe 36 pun bisa terasa lapang. Tertarik? Simak artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta Rumah tipe 36 kini menjadi incaran masyarakat perkotaan karena harganya yang masih relatif terjangkau.

Masalahnya, karena rumah ini tak terlalu luas, Anda harus pintar-pintar menata setiap ruangannya agar tetap lapang dan memudahkan Anda bergerak. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa cara untuk menata ruangan di rumah tipe 36.

Bentuk mezanine

Jika tak memungkinkan untuk meletakkan kamar di lantai bawah, Anda bisa menggunakan area lantai atas sebagai lokasi kamar.

Apalagi sekarang banyak developer yang menyediakan rumah berplafon tinggi. Salah satu bagian yang dekat dengan plafon bisa Anda gunakan sebagai kamar terbuka.

Usahakan tanpa dinding

Minimalkan sekat, terutama untuk di ruang tengah. Gunakan pintu kaca untuk membatasi halaman belakang dengan ruang tengah. Pintu kaca memberikan kesan luas karena penghuni bisa melihat langsung ke bagian belakang.

(Simak juga: Contek Desain Rumah Tipe 36 ala Instagrammers)

Gunakan warna cerah

Warna putih akan sangat berguna untuk membuat ruangan terkesan luas. Hindari warna yang memberikan kesan gelap, seperti cokelat yang agak tua. Selalu gunakan warna cerah agar memantulkan cahaya sehingga mencegah ruangan menjadi pengap dan gelap.

Gunakan shower kamar mandi

Kamar mandi di  tipe 36 biasanya berukuran tak lebih dari 4m2. Pemakaian shower lebih direkomendasikan ketimbang bak mandi. Meski demikian, jika Anda tak yakin dengan aliran air di rumah, ada baiknya memasang toren atau tangki air.

Dengan penataan ruang yang tepat, rumah tipe 36 pun bisa terasa lapang. Tertarik memiliki rumah baru? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp300 jutaan di sini!

Foto: hgtv

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini