Sukses


Aluminium Foil Ternyata Banyak Manfaatnya

Tahukah Anda bahwa aluminium foil memiliki beragam manfaat selain untuk membungkus makanan? Simak penjabarannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kertas silver yang bernama aluminium foil. Benda ini biasanya digunakan untuk membungkus makanan agar terjaga kehangatannya.

(Baca juga: 5 Manfaat Punya Area Mezzanine)

Alumunium foil adalah sebuah bahan berupa lembaran logam aluminium yang padat dan juga tipis. Namun, tahukah Anda bahwa aluminium foil memiliki beragam manfaat selain untuk membungkus makanan? Simak penjabaran dari Rumah.com berikut ini.

1. Sebagai Penahan Panas

Pada siang hari, suhu di dalam bangunan atau rumah seringkali terasa lebih panas. Hal ini disebabkan adanya perpindahan panas radiasi dari sinar matahari yang diterima atap kemudian diteruskan ke bawah bagian plafon (langit-langit) rumah.

Anda bisa memasang aluminium foil untuk memblokir sebagian besar panas di bawah atap bangunan. Jangan lupa untuk tetap memasang ventilasi yang memadai untuk atapnya.

2. Melindungi dari Kebocoran

Alumunium foil terbuat dari bahan yang kuat, elastis, dan tahan air serta freon sehingga aman dan ramah lingkungan. Selain praktis pemasangannya, bila dipasang pada rangka atap aluminium foil akan berfungsi sebagai pelindung dari kebocoran akibat tampias air hujan atau embun.

Foil juga bisa membuat plafon tetap bersih dan bebas debu.

3. Pelindung Perabotan

Ketika mengecat dinding rumah, Anda harus melindungi berbagai perabotan seperti meja, kursi, hiasan vas bunga, dan bahkan gagang pintu rumah agar tidak terkena cipratan cat.

Anda bisa menggunakan aluminium foil untuk membungkusnya, mudah dibentuk dan pastinya menjaga perabotan di rumah sehingga tidak kotor.

4. Alas Perabotan

Jika Anda berencana untuk mengubah tata letak atau memindahkan perabotan, perhatikan lantai karena biasanya perabotan yang berat seperti lemari akan membuat lecet lantai rumah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan memberikan aluminium foil di bagian bawah perabotan sehingga ketika digeser tidak akan merusak lantai.

5. Merawat Pakaian

Baju yang memiliki sablon biasanya akan membuat Anda kesulitan saat menyetrikanya. Agar tidak lengket akibat panas, beri alas di atas sablonan baju berupa aluminium foil ketika menyetrikanya.

(Simak juga: Aneka rumah dengan DP dan cicilan ringan di bawah Rp200 juta)

Selain baju yang memiliki sablon, pakaian berbahan sutra, wool, dan bahan lain yang mudah kusut juga bisa memanfaatkan aluminium foil agar lebih mudah menyetrikanya.

6. Sebagai Cetakan Kue

Saat membuat kue, Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli cetakannya. Gunakan kertas alumunium foil yang sudah dibentuk (biasanya dalam bentuk kerucut).

Anda juga bisa memanfaatkan foil ketika membuat kue pai dengan meletakkan di atas loyang agar bagian pinggirannya tidak gosong.

7. Mempertajam Gunting

Manfaat terakhir yang mungkin Anda tidak ketahui, alumunium foil bisa digunakan untuk gunting yang tumpul. Caranya pun mudah, cukup memotong kertas alumunium oil secara berkali-kali hingga gunting sudah kembali tajam.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini