Sukses


Pssst!... Ini Rahasia Agar Anda Tidak Gendut

Bila selama ini Anda merasa kesulitan mengurangi makanan manis dalam aktivitas sehari-hari, coba ikuti tips yang mudah dilakukan berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Tubuh memang memerlukan glukosa untuk menjaga proses metabolisme, namun ternyata kandungan gula yang berlebih bisa bikin Anda jadi gendut bahkan menyebabkan penyakit seperti diabetes.

(Baca juga: Makin Gemuk? Mungkin Desain Kamar Tidur Anda yang Salah!)

Asal tahu saja, rekomendasi asupan gula harian untuk pria kurang dari 150 kalori (setara sembilan sendok teh) sedangkan untuk perempuan sebanyak 100 kalori (setara enam sendok teh).

Nah, bila selama ini Anda merasa kesulitan mengurangi makanan manis dalam aktivitas sehari-hari, coba ikuti tips ala Rumah.com yang mudah dilakukan berikut ini!

1. Buat Makanan Sendiri

Makanan yang beli di luar lebih memiliki resiko untuk memiliki takaran gula yang tinggi. Biasakan untuk memasak makanan sendiri agar takaran gula yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

2. Tidak Menunda Rasa Lapar

Saat Anda mulai merasa lapar, usahakan agar tidak menunda waktu makan dan menggantinya dengan camilan manis yang akan membuat kamu merasa sudah kenyang.

Mengganjal perut dengan camilan justru akan membuatmu ingin makan lagi dan lagi sehingga membentuk kebiasaan yang tidak baik. Lebih baik langsung memilih yang mengenyangkan sekaligus kaya akan nutrisi.

3. Produk Low Fat Belum Tentu Rendah Gula

Bila Anda sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan, makanan dengan tulisan “low fat” mungkin akan menari perhatian.

Namun, tahukah Anda banyak produk tersebut yang memang kandungan lemaknya lebih sedikit namun lemak tersebut diganti dengan gula yang lebih banyak sehingga kalori yang dikandung menjadi lumayan besar.

4. Biasakan Olahraga Rutin

Melakukan olahraga rutin 30-45 selama 3-4 kali seminggu bisa meningkatkan endorphin yaitu hormon yang bisa menimbulkan perasaan bahagia.

Hormon ini terasa lebih manis daripada yang biasa diberikan oleh gula. Olahraga yang direkomendasikan antara lain jalan kaki, aerobik atau berenang.

5. Pilih Pengganti Gula

Madu dapat dijadikan sebagai pengganti gula yang aman. Bila saat Anda membuat minuman dan membutuhkan pemanis, tambahkan satu sendok madu di dalamnya.

Madu sangat baik dan dianjurkan karena lebih baik untuk kesehatan dan mengkonsumsinya secara rutin bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda juga.

(Simak juga: Pilihan perumahan dengan fasilitas kolam renang dengan harga mulai Rp500 jutaan)

6. Kurangi Makanan Berkabohidrat Tinggi

Makanan berkarbohidrat tinggi seperti pasta, mie, dan nasi memang dapat membuat Anda menjadi kenyang dan bisa menjadi salah satu sumber energi yang paling baik. Namun bila terlalu banyak bisa berbahaya karena karbohidrat dapat diubah dalam tubuh menjadi gula.

7. Sembunyikan Makanan Manis di Rumah

Cara lain untuk mengurangi konsumsi gula adalah dengan menyembunyikan segala macam camilan dan makanan manis yang ada di rumah. Taruh dan simpanlah di rak yang paling atas sehingga Anda akan kesulitan untuk menggapainya.

Sediakan makanan sehat rendah gula atau buah-buahan di tempat yang terlihat dari pandangan mata. Anda bisa coba tempatkan mangkuk buah di atas meja makan.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.