Sukses


Baju Menyusut Setelah Dicuci? Ini Solusinya!

Ada beberapa bahan yang mudah menyusut jika terlalu sering dicuci atau jika dikucek terlalu keras. Untuk mengatasinya, simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mengalami: Ketika hendak mengenakan baju favorit namun setelah digunakan ternyata ukurannya lebih kecil dari semula?

(Baca juga: Enggak Bisa Menyetrika Pakaian? Cara ini Bisa Anda Coba!)

Penyusutan ukuran baju memang bisa terjadi karena salah metode ketika mencucinya. Ada beberapa bahan yang mudah menyusut jika terlalu sering dicuci atau jika dikucek terlalu keras.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikannya ke ukuran semula. Ikut tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Baju Berbahan Rajutan

Anda bisa menggunakan sampo bayi untuk baju berbahan rajutan yang menyusut. Ya, karena sampo bayi memiliki bahan yang tidak mengandung banyak deterjen namun tetap memiliki kadar kelembaban yang tinggi.

Sampo bayi bisa mengendurkan serat rajutan yang telah menyusut. Caranya, rendam pakaian rajut di dalam larutan sampo bayi, setelah itu rentangkan handuk dan letakkan baju yang basah di atasnya. Gulung dengan menggunakan handuk di bawahnya.

Setelah setengah kering pindahkan pakaian ke handuk kering lain yang bersih kemudian gulung kembali dan tarik-tarik hingga kering.

2. Celana Jeans

Banyak orang yang suka menunda mencuci celana jeansnya karena biasanya setelah dicuci di bagian paha atau pinggang celana jeansnya menjadi terasa sesak meskipun berat badan sebenarnya tidak bertambah.

Anda bisa membuatnya menjadi melar kembali dengan cara merendam celana jeans dalam bak berisi air hangat selama 15 menit. Tarik bagian celana yang ingin dimelarkan kembali dan jemur celana jeans tersebut.

3. Baju Berbahan Katun

Khusus baju berbahan kain katun yang menyusut, Anda bisa menggunakan kondisioner yang biasa digunakan melembapkan rambut yang kering. Caranya, larutkan beberapa tes kondisioner ke dalam bak berisi air, lalu rendam kain katun selama lima belas menit.

Kemudian angkat, peras, dan letakkan di atas handuk kering kemudian digulung. Dengan menggunakan handuk bersih lain, tarik baju hingga menyerupai ukuran aslinya, lalu tunggu hingga kering.

4. Baju Berbahan Wol atau Kasmir

Boraks atau cuka memiliki kandungan khusus yang mempunyai fungsi untuk melembutkan pakaian. Kedua bahan ini bisa digunakan untuk mengendurkan serat kain yang menyusut terutama untuk baju berbahan wol atau kasmir namun tidak dianjurkan untuk bahan sintertis atau rajutan rapat seperti katun.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah baru dengan harga di bawah Rp1 miliar)

Cara menggunakannya, siapkan ember atau bak cuci kemudian isi dengan air hangat. Masukkan 1 sampai 2 sdm boraks untuk setiap 1 liter air hangat, masukkan baju yang menyusut  ke dalam larutan dan rendam selama kurang lebih 30 menit.

Gunakan handuk untuk mengeringkan kemudian jemur hingga kering.

5. Manfaatkan Jarum Pentul

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, rentangkan baju di atas meja setrika atau yoga mat. Sematkan jarum pentul pada sisi atas baju dan tarik lembut baju ke arah bawah.

Lakukan juga ke arah samping dan pasang jarum pentul pada masing-masing sisi tersebut hingga menyerupai ukuran sebenarnya. Selanjutnya angin-anginkan baju hingga kering.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini