Sukses


Kredit Perumahan BTN Tembus Rp156 Triliun

Sejak digulirkan hingga Juni 2017, Bank BTN mengklaim telah menyalurkan kredit perumahan untuk sekitar 1,44 juta unit rumah.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki semester kedua tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. tetap konsisten mempertahankan targetnya dalam Program Sejuta Rumah yang diusung Pemerintah sejak bulan April 2015.

Terhitung sejak program tersebut digulirkan hingga Juni 2017, Bank BTN mengaku telah menyalurkan kredit perumahan untuk sekitar 1,44 juta unit dengan nilai total Rp156 triliun.

Optimalisasi penyaluran KPR yang dilakukan BTN mulai dari Sabang sampai Merauke, dengan menimbang potensi permintaan yang ada termasuk di Kalimantan bagian timur. Sejumlah pengembang rumah tapak sederhana pun digandeng oleh BTN.

Perseroan turut menggandeng PT Karya Pama Marga Abadi dalam menyediakan rumah tapak (landed house) murah di perumahan Pesona Bukit Batuah bagi kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berlokasi Batu Ampar, Balikpapan Timur.

Proyek rumah murah tersebut rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 21 hektar. Secara total, rumah yang akan dibangun mencapai sekitar 1.291 unit rumah yang diperuntukkan bagi kalangan MBR. Peresmian proyek ini juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga: Mau Beli Lelang Rumah BTN? Cek Tahapnya

Direktur Utama Bank BTN Maryono menjelaskan, dari sekitar 428 unit rumah yang telah dibangun, akad KPR yang sudah ditandatangani mencapai 319 unit rumah, dan pada pertengahan Juli akan diteken akad KPR untuk sekitar 200 unit rumah.

Bank BTN juga telah menyalurkan dukungan kredit konstruksi kurang lebih senilai Rp57,5 miliar untuk proyek tersebut.

Melalui kemitraan antara pengembang dengan BTN, kalangan MBR bisa memiliki rumah tapak dengan uang muka (down payment/DP) sebesar 1% atau sekitar Rp1,35 juta dan cicilan sekitar Rp800.000 per bulan.

“Seiring dengan makin pesatnya perkembangan infrastruktur yang dibangun Pemerintah di Kalimantan, permintaan rumah tinggal juga naik, kami melihat potensi KPR tahun ini di Kalimantan mencapai lebih dari 31.000 unit rumah,” jelas Maryono, dalam siaran tertulis yang dikutip Rumah.com.

Baca juga: Apernas Klaim Rampungkan 3.000 Rumah Subsidi

Adapun pembangunan proyek perumahan Pesona Bukit Batuah dimulai sejak tahun 2015. Rumah yang dibangun bagi kalangan ‘wong cilik’ ini memiliki tipe 36/87,5 dengan harga per unit Rp135 juta.

Untuk akses KPR, masyarakat cukup mengeluarkan DP sebesar 1% dan bunga cicilan tetap 5% (fixed) hingga 20 tahun.

Selain dengan PT Karya Pama Marga Abadi, BTN juga bekerjasama dengan pengembang lain seperti PT Graha Nusa Pertiwi dan PT  Borneo Delapan Enam untuk merealisasikan 1.072 akad KPR dari potensi sebanyak 2.250 unit rumah yang telah dibangun kedua pengembang tersebut.

Temukan puluhan pilihan rumah subsidi di berbagai daerah di seluruh Indonesia di sini!

Sejak April 2015 hingga saat ini, di Kalimantan, kredit perumahan yang digelontorkan BTN sudah mencakup 126.091 unit rumah dengan nilai Rp10,62 triliun. Sedangkan di Sumatera, KPR BTN sudah mengucur untuk 260.768 unit rumah dengan nilai sekitar Rp 21,65 triliun.

Kemudian di Sulawesi, kredit perumahan terealisasi sebanyak 104.870 unit rumah dengan nilai Rp7,79 triliun.

Sementara pulau Jawa, sebagai pulau terpadat penduduknya, mencatatkan kredit perumahan tertinggi sebanyak 904.241 unit rumah dengan nilai Rp111,28 triliun. Di Bali, NTT, NTB dan Papua, KPR BTN menorehkan nilai Rp4,5 triliun dengan jumlah unit rumah mencapai 43.885 unit rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.