Sukses


Kiat Pilah-pilih Karpet yang Tepat

Mau membeli karpet baru namun tidak yakin ukuran atau corak yang pas untuk ruangan Anda? Simak beberapa tips memilih karpet berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Karpet menjadi salah satu item fungsional yang bisa dibilang ‘wajib’ dimiliki pada setiap rumah. Ragam pilihan motif dan ketebalan bahannya pun bisa memberi kesan elegan pada ruangan. Aksesoris dekorasi ini juga terbilang awet jika Anda rajin membersihkannya setiap hari.

(Baca juga: Tips Menempatkan dan Merawat Karpet)

Mau membeli karpet baru, namun tidak yakin ukuran yang pas untuk ruangan Anda? Nah, agar Anda bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat saat berada di toko, simak beberapa tips esensial dari Rumah.com dalam memilih pelapis lantai berikut ini!

Tips Mengukur Berdasarkan Tipe Ruangan

1. Semakin besar semakin baik

Ketimbang menggabungkan beberapa potong karpet, lebih baik pilih satu yang lebar dan bisa menutupi seluruh permukaan lantai. Setidaknya hingga menyentuh kaki sofa atau lemari.

2. Sesuaikan dengan bentuk ruang

Pilih karpet yang pas dengan orientasi dan ukuran ruang agar terlihat proporsional ketika dipandang. Misalnya ruangan yang luas, boleh memasang karpet berbentuk lingkaran yang besar. Sementara untuk ruangan yang panjang, pasang karpet berbentuk segi panjang.

3. Visualisasikan tampilan akhir

Untuk melapisi lantai dengan karpet secara permanen, Anda wajib melakukan visualisasi dengan meminta sampel potongan karpet yang ditempel ke ruangan Anda. Cara ini sangat membantu Anda untuk menyesuaikan corak dengan keseluruhan interior ruangan.

(Simak juga: Pilihan apartemen di bawah harga Rp500 jutaan)

Tips Memilih Karpet Sesuai Jenis Ruangan

Untuk memilih ukuran karpet yang tepat, sebaiknya ukur dulu luas ruangan dan furnitur yang ada di dalamnya. Kemudian pilih layout karpet yang sesuai dengan pilihan berikut ini.

1. Ruang tamu

Untuk ruang tamu yang terkesan lebar, pilih karpet yang luas hingga menutupi lantai ruangan. Jika ingin meletakkan sofa di atas karpet, maka beri sisa lebar setidaknya 6 inci setiap sisinya untuk tampilan yang lebih rapi.

2. Ruang makan

Untuk ruang makan, pastikan bentuk karpet nampak jelas dilihat dari kejauhan, misalnya berbentuk kotak, segi panjang, atau lingkaran. Namun apabila ingin menutupi seluruh ruangan dengan karpet sebaiknya pertimbangkan keseimbangan kursi makan. Tidak ada kursi yang bisa berdiri sempurna di atas permukaan karpet.

3. Kamar tidur

Sebagai titik utama dalam ruangan, sekeliling ranjang sebaiknya menjadi tempat yang pas meletakkan karpet. Selain membuat ruang lebih luas, Anda juga memanjakan kaki untuk memijak lantai yang lembut di pagi hari.

Apabila ingin menggelar karpet di bawah kasur, sisakan lebar sekitar 18-24 inci di setiap sisinya. Sebagai referensi simetris, ukuran 8×10 sangat pas untuk ranjang ukuran Queen dan 9×12 untuk ukuran King.

4. Pintu masuk

Area pintu masuk sangat pas untuk meletakkan karpet atau keset untuk membersihkan kaki dari luar rumah. Pilih bentuk yang sesuai dengan komposisi ruang, baik itu lingkaran, segi panjang, atau segi empat. Jangan lupa mengecek ketebalan karpet supaya pintu Anda bisa dibuka dan ditutup dengan mudah.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.