Sukses


Cara Irit Temukan Rumah Kontrakan

Sebelum menyewa rumah ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal, termasuk bujet dan gaji bulanan.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mencari hunian untuk jangka waktu lama, rumah sewa atau kontrakan bisa menjadi pilihan Anda. Namun sebelum menyewa rumah ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal, termasuk bujet dan gaji bulanan agar lebih hemat. Berikut ini beberapa tips hemat sebelum memilih rumah sewa.

Lakukan perbandingan harga dan fasilitas

Sebelum menyewa lakukan perbandingan harga dan fasilitas. Tentu Anda, kan, memilih rumah sewa dengan harga terjangkau.

Namun apakah dengan harga tersebut Anda mendapatkan fasilitas yang sebanding? Jangan sampai Anda memilih harga murah, tetapi di kemudian hari Anda kekurangan fasilitas sehingga tidak membuat Anda nyaman menghuni. Pastikan Anda mendapatkan fasilitas yang setimpal dengan uang yang dikeluarkan.

Carilah rumah sewa yang dibayar perbulan

Cara hemat lainnya, pilih rumah sewa yang dapat dibayar bulanan. Pembayaran bulanan akan lebih ringan dibanding Anda harus membayar langsung di depan. Selain itu akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin pindah.

Pilih Lokasi yang terdekat dengan aktivitas utama          

Jika Anda pekerja pertimbangkan untuk memilih rumah sewa yang dekat dengan tempat kerja Anda. Begitu juga jika Anda mahasiswa, carilah lokasi yang dekat dengan lokasi kampus Anda.

Pemilihan lokasi ini berguna untuk menghemat ongkos transportasi. Nantinya Anda dapat mengalokasikan bujet transportasi untuk hal-hal lain.

(Simak juga: Cek 3 Hal Ini Sebelum Kontrak Rumah)

Rumah sewa fully furnished


Sebisa mungkin cari rumah kontrakan yang sudah dilengkapi dengan perabot. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi pusing memikirkan anggaran untuk membeli barang-barang pengisi rumah.

Jika ingin pindah ke rumah baru pun Anda tak perlu ribet memindahkan barang-barang tersebut. Lebih praktis! Sudah banyak, kok, rumah sewa fully furnished dengan bujet terjangkau.

Bersama teman

Bagi Anda yang masih single, cara berhemat termudah yaitu dengan mengajak teman untuk menyewa rumah bersama. Anda dapat mengajak teman satu kantor atau teman lain yang tak keberatan yang tak keberatan untuk mengontrak rumah bersama.

Anda bisa mengajak lebih dari satu teman, disesuaikan dengan jumlah kamar dalam kontrakan tersebut. Dengan begitu biaya sewa rumah bisa dibagi dengan teman Anda sehingga beban pengeluaran lebih ringan.

Satu hal yang harus dipertimbangkan apabila biaya kontrak rumah terlalu tinggi, ada baiknya Anda alihkan biaya kontrak untuk mencicil rumah. Tertarik mencari rumah baru? Simak pilihannya dengan harga mulai Rp200 jutaan di sini!

Foto: pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini