Sukses


Ini Rahasia Anak Rajin Belajar di Rumah

Mengatur kamar pun akan membuatnya semakin betah berada di kamar dan meningkatkan konsentrasinya.

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu ingin si kecil semangat untuk belajar sendiri tanpa perlu Anda ingatkan kembali. Pasalnya Anda tak bisa terus-menerus memerhatikannya setiap detik. Banyak kegiatan lain yang harus Anda lakukan di rumah.

Cara untuk meningkatkan semangat belajarnya tak hanya melalui hadiah atau penghargaan yang diberikan jika prestasinya di sekolah cemerlang. Mengatur kamar pun akan membuatnya semakin betah berada di kamar dan meningkatkan konsentrasinya.

Agar anak makin semangat belajar, berikut ini panduan menata kamar anak agar lebih fokus belajar.

Ubah lokasi belajar

Belajar tak harus dilakukan di depan meja. Jika memang Anda selalu menyuruh si kecil membaca buku pelajarannya di meja, dia akan cepat bosan dan tak nyaman melihat meja belajarnya.

Cobalah dirikan teepee tent buatan sendiri di salah satu sudut kamar yang masih kosong dan jadikan tenda tersebut sebagai reading nook. Anak akan merasa dia belajar sambil bermain.

Ide memindahkan lokasi belajar dari meja ke tenda seperti ini sangat efektif, terutama bagi anak usia kanak-kanak.

Isi dinding dengan foto

Jangan hanya menempelkan jadwal pelajaran dan apa saja yang harus dia pelajari di dinding kamarnya. Tambahkan foto-foto liburan, fotonya saat merayakan ulang tahun, atau hadiah yang akan dia dapatkan jika dia berprestasi.

Melihat foto akan membuatnya semangat untuk mengejar prestasinya, karena dia sadar jika liburan kenaikan kelas nanti, ada hadiah seru yang menantinya.

Menghias dinding dengan stimulus akan membuat anak selalu fokus mengejar tujuan.

(Simak juga: Tips Merancang Ruang Belajar Anak)

Wadah aksesori

Pastikan meja belajar anak tetap rapi dan penuh warna. Meja yang berantakan akan membuat mood belajarnya menurun.

Menyimpan alat tulis tak harus menggunakan wadah yang mahal, gunakan kaleng bekas yang sudah dihias kembali untuk digunakan sebagai wadah simpan. Aturlah alat tulis sesuai kategori, misalnya pensil warna, spidol, dan kertas warna.

Warna-warna ceria meningkatkan semangat belajar anak-anak.

Gunakan wallpaper

Jika masih ada sisi dinding yang kosong, isilah bagian itu dengan wallpaper stiker dengan tema favoritnya. Agar lebih menarik dan enak dilihat bisa diisi dengan gambar-gambar lingkungan, misalnya pohon dengan daun-daunnya, bunga, atau binatang seperti burung.

Melihat wallpaper cantik seperti ini juga membantunya menenangkan diri jika sebelumnya mengalami kekesalan di sekolah.

Nuansa kasual lewat wallpaper hias membantu meredakan stres pada anak.

Jika merasa sudah waktunya untuk pindah ke rumah yang lebih besar dengan jumlah kamar yang lebih banyak, Anda bisa melihat pilihan rumah baru dengan 3 tidur atau lebih dengan harga mulai 750 jutaan di sini!

Sumber: Rumah.com

Foto: Pinterest

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini