Sukses


Tips Nyaman Belajar di Rumah Bagi Mahasiswa S2

Bagi Anda yang sedang melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, membangun suasana belajar yang nyaman amat penting.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sedang melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, membangun suasana belajar yang nyaman amat penting. Selain membuat Anda lebih fokus, juga irit biaya.

Rumah yang baik harus dapat memenuhi setiap kebutuhan penghuninya, termasuk kebutuhan untuk belajar. Jika susasana rumah kondusif untuk belajar, tak perlu lagi belajar di coffee shop atau mal.

Untuk menciptakan susasana belajar yang nyaman di rumah, Anda harus sedikit lebih kreatif dengan memperhatikan beberapa hal berikut dari Rumah.com.

Suasana Baru

Belajar tak harus selalu di kamar. Eksplorasi rumah Anda dan cari tempat nyaman yang dapat ‘disulap’ menjadi tempat belajar baru. Misalnya, area balkon, teras samping rumah, atau taman belakang rumah.

Anda bisa menggunakan meja portable atau menggunakan karpet sebagai alas belajar. Suasana belajar yang baru akan menambah semangat belajar.

Jika lebih nyaman belajar di kamar, Anda dapat menciptakan suasana baru dengan mendekorasi meja belajar atau area sekitarnya sehingga pandangan lebih fresh.

Pencahayaan

Pencahayaan berperan penting dalam menciptakan suasana yang nyaman. Pencahayaan untuk area belajar sebaiknya tidak terlalu redup atau terang. Sistem pencahayaan yang baik biasanya menggunakan tiga sumber cahaya sekaligus dari sudut yang berbeda.

Atau, tempatkan lampu di atas dan arahkan lampu ke tempat Anda bekerja. Jika cahaya lampu terlalu kuat Anda dapat mengganti bohlam atau menutup dengan pelindung lampu khusus. Selain itu, Anda bisa menggunakan bantuan lampu belajar yang disorotkan ke arah meja belajar.

Jauhkan dari Televisi

Untuk menjaga konsentrasi selama belajar sebaiknya hindari belajar di dekat televisi atau hal-hal lain yang bisa memecah konsentrasi. Suasana belajar seharusnya tenang.

Sebagai gantinya, Anda dapat memasang musik favorit (tidak terlalu keras) untuk membuat suasana belajar lebih nyaman.  Musik dapat menstimulasi kerja otak dan menjaga konsentrasi.

(Simak juga: Menata Ruang Kerja di Rumah)

Suhu

Perhatikan suhu udara di ruang belajar. Untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif, suhu di sekitar haruslah sejuk. Tidak terlalu panas atau dingin. Jika menggunakan pendingin ruang, Anda dapat mengatur suhunya.

Jika area belajar berada di ruang terbuka, Anda dapat menggunakan kipas angin untuk menjaga suhu tetap sejuk. Suhu yang sejuk akan menambah kenyamanan belajar.

Pendukung Belajar

Untuk menciptakan susasana belajar yang kondusif, tentu saja Anda harus melengkapi area belajar dengan alat pendukung belajar, seperti alat tulis, buku-buku bacaan yang diperlukan. Bila perlu, siapkan juga beberapa makanan ringan.

Ruang belajar bisa Anda tempatkan di kamar tamu, yang lebih sering jarang ditempati. Jika Anda sedang mencari rumah baru dengan ruang ekstra untuk belajar, pertimbangkan puluhan pilihan tiga kamar tidur dengan harga mulai Rp750 jutaan di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini