Sukses


Tips Pilih Kloset Duduk Sesuai Kamar Mandi

Jangan sampai tampilan kamar mandi jadi kurang keren akibat salah pilih kloset duduk.

Liputan6.com, Jakarta RumahCom - Ketika Anda ingin mengubah dekorasi kamar mandi Anda, kloset tentunya menjadi bagian yang tak bisa dilupakan.

Anda tentu tak ingin kamar mandi modern Anda masih memiliki kloset kuno yang warnanya tak lagi cerah. Dinukil dari Rumah.com, berikut tip jika Anda ingin membeli kloset duduk, baru maupun bekas.

Perhatikan warna dominan di kamar mandi Anda

Memang paling mudah jika Anda menggunakan kloset yang sesuai dengan warna kamar mandi Anda. Dan warna yang disarankan adalah putih.

Asalkan Anda rajin membersihkannya, keramik kloset akan tetap bersih dan mengilap. Bagian yang paling sering menjadi perhatian saat dibersihkan adalah bagian bawah yang menempel dengan lantai, leher kloset, serta dudukan kloset.

Sesuaikan ukurannya

Jika memang kamar mandi Anda mungil, pilihlah kloset duduk yang sesuai ukurannya, jangan yang terlalu besar yang akan memakan ruangan kamar mandi.

Selain itu, pilihlah merek kloset yang sudah terjamin kualitasnya dan memiliki kualitas SNI. Kloset tersebut cenderung mampu menahan berat, awet, dan mudah dibersihkan.

Kuantitas air

Untuk menghemat penggunaan air, ada beberapa kloset yang memiliki dua jenis pembilasan yaitu untuk kuantitas air untuk buang air besar dan kuantitas air untuk buang air kecil. Sebaiknya kloset yang memiliki dua jenis pembilasan inilah yang Anda pilih.

(Simak juga: 5 Tips Menata Kamar Mandi Sempit)

Gunakan spons saat membersihkan

Lapisan keramik pada kloset cenderung lebih halus dan licin dibandingkan keramik pada lantai, sehingga dapat dibersihkan dengan spons.

Beberapa merek keramik kloset juga tidak menyarankan Anda menggunakan sikat atau bahan yang kasar dan tajam saat membersihkannya untuk mencegah keramiknya tergores.

Perhatikan kebersihkan kloset bekas

Anda mungkin tertarik membeli kloset bekas karena harga yang lebih murah. Pastikan kloset sudah dibersihkan dengan antikuman, warna keramiknya masih cerah, dan tidak ada kebocoran.

Namun, Anda tetap harus melakukan survei harga karena tak sedikit penjual kloset yang menjual harga kloset bekas sama mahalnya dengan kloset duduk baru.

Banyak perumahan baru saat ini menawarkan konsep minimalis dengan desain kamar mandi yang sederhana. Tertarik mencari rumah minimalis dengan harga terjangkau? Klik di sini untuk melihat pilihan hunian di bawah kisaran Rp500 Juta di seluruh Indonesia.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini