Sukses


Yuk, Bikin Kolam Renang Pribadi Rumah!

Siapa sih yang tak ingin memiliki kolam renang pribadi? Rasanya sebuah hunian akan lebih istimewa jika memiliki kolam renang pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tak ingin memiliki kolam renang pribadi? Rasanya sebuah hunian akan lebih istimewa jika memiliki kolam renang pribadi di pekarangan rumah. Selain untuk berolahraga, area kolam renang dapat digunakan untuk berelaksasi.

Namun, membangun kolam renang pribadi bukan hal yang mudah. Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelumnya agar kolam renang tak berujung menjadi beban yang menambah masalah di rumah. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan sebelum membuat kolam renang.

Pastikan Cukup Lahan

Ukuran minimal lahan yang harus Anda miliki untuk membangun kolam renang yaitu 4m x 8m. Ukuran tersebut sudah termasuk jarak wajib sebesar 50cm di sekeliling kolam renang. Ukuran minimal ini pun sudah dengan mempertimbangkan kenyamanan bergerak saat berenang.

Anda bisa saja membuat kolam renang dengan ukuran yang lebih kecil, tetapi fungsinya menjadi tidak optimal karena terlalu sempit untuk pergerakan berenang. Kolam bisa saja tetap dibuat, tetapi difungsikan sebagai kolam berendam.

(Simak juga: Tips Bersihkan Kolam Renang)

Daya Listrik

Ingat bahwa kolam renang membutuhkan pompa untuk memutar air agar tetap bersih. Daya pompa yang diperlukan minimal sebesar 500 watt. Selain itu, Anda juga membutuhkan penerangan di sekitar kolam untuk malam hari dan juga lampu underwater.

Anda perlu menyiapkan tiga buah lampu underwater masing-masing berdaya 100 watt. Total daya yang Anda perlukan berkisar 800-1000 watt khusus untuk area kolam renang.

Air

Untuk mengisi kolam renang tentu diperlukan pasokan air yang sangat banyak. Anda boleh menggunakan pasokan air apa saja, seperti air tanah, air PAM, bahkan air gunung yang didatangkan khusus.

Yang perlu Anda ketahui, air kolam renang tak harus selalu dikuras untuk pembersihannya. Kolam renang cukup diisi satu kali, sedangkan untuk pembersihannya Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan baik seperti menjaga kadar klorin dan kadar PH.

Selama Anda melakukan perawatan dengan benar, air akan tetap bersih dan tak perlu diganti.

Jika ketiga syarat telah terpenuhi, untuk eksekusi ada baiknya menggunakan jasa pembuat kolam renang profesional.

Sebab, jika terjadi masalah di kemudian hari seperti kolam bocor, dan sebagainya Anda lebih mudah melakukan perbaikan.

Memiliki kolam renang di rumah sendiri butuh biaya tinggi, belum lagi lahan yang luas. Alternatifnya, Anda bisa memilih cluster yang menyediakan kolam renang untuk warganya, seperti cluster di Bekasi ini.

Foto: Pixabay.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini