Sukses


Anak Kosan Juga Bisa Punya Rumah Sendiri. Ini Tipsnya!

Sebenarnya Anda bisa, kok, tetap menabung selama hidup mengekos rumah. Hanya perlu kreatif menjalankan beberapa trik berikut.

Liputan6.com, Jakarta Mengekos menjadi pilihan bagi si lajang yang ingin hidup mandiri dan jauh dari orang tua. Masalahnya biaya mengekos sering menjadi kendala Anda untuk dapat menabung. Perkara finansial ini menjadi ‘tantangan’ sendiri bagi Anda.

Sebenarnya Anda bisa, kok, tetap menabung selama hidup mengekos rumah. Hanya perlu kreatif menjalankan beberapa trik berikut dari Rumah.com.

Pilih Lokasi yang Tepat

Pilih tempat kos yang lokasinya dekat dengan tempat kerja Anda sehingga Anda tak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi. Nantinya Anda dapat mengalokasikan ongkos transportasi untuk dana tambahan menabung.

Namun, sebelumnya pertimbangkan juga hal lain. Saat mengekos hal terpenting adalah terpenuhinya kebutuhan akan fasilitas air bersih dan keamanan.

Jenis kamar kos

Untuk Anda yang masih single, tak perlu mengekos di ruangan yang terlalu besar. Yang penting, utamakan ada kamar mandi di dalam. Tak perlu mencari kosan dengan fasilitas ‘mewah’ seperti balkon, AC, dan pemanas air. Tanpa fasilitas tersebut, Anda bisa menghemat biaya kos Rp500 ribu hingga Rp1 juta per bulan.

Jika memang kosan Anda tak terlalu panas, sebaiknya tidak memasang AC. Anda bisa memasang teralis dan kasa nyamuk di jendela agar bisa tetap aman dan nyaman membuka jendela kamar saat malam hari. Tambahkan kipas angin agar ruangan tetap sejuk.

Yang terpenting saat mencari kosan adalah lingkungan yang bersih serta sirkulasi udara yang baik.

Buat Prioritas

Buatlah prioritas untuk dana setiap bulan. Jadikan membayar sewa kontrakan dan menabung sebagai dua prioritas utama setelah Anda mendapat gaji. Minta pada pemilik kontrakan agar penagihan uang sewa disesuaikan dengan tanggal gajian Anda. Sementara untuk menabung gunakan fasilitas autodebit dari bank.

Mintalah untuk menyesuaikan sistem autodebit sesuai tanggal gajian Anda. Dengan begitu otomatis Anda konsiten menabung setiap bulan dengan besaran yang sama. Ingat, besarnya dana untuk menabung harus disesuaikan sebelumnya dengan perhitungan kebutuhan setiap bulan.

(Simak juga: Tips Berburu Rumah Murah)

Memasak Sendiri

Cari tempat kos yang memiliki dapur yang dapat digunakan bersama oleh para penyewa kamar. Dibanding mengeluarkan uang untuk membeli makanan jadi, lebih baik memasak sendiri untuk makan sehari-hari.

Dana untuk memasak cenderung lebih murah dibanding jajan. Apalagi satu kali masak dapat untuk konsumsi tiga kali sehari tentu lebih murah dibanding jajan Rp 50.000 untuk satu kali makan.

Masaklah makanan-makanan sederhana yang juga tak membutuhkan dana banyak untuk membeli bahan-bahan mentahnya. Penting, nih, bagi si lajang untuk latihan memasak.

Monitor Pengeluaran

Buat rencana keuangan setiap bulan. Tentukan bujet yang harus Anda keluarkan setiap bulan. Dengan menentukan bujet akan lebih mudah bagi Anda untuk memonitoring pengeluaran setiap bulan.

Jika pengeluaran bulan ini lebih dari bujet yang ditetapkan, maka Anda harus memotong bujet pengeluaran di bulan depan. Kuncinya, menahan diri untuk terlalu konsumtif dan cerdas menentukan prioritas.

Nah, dengan begitu, Anda bisa mempercepat tabungan untuk uang muka rumah. Sedang mencari rumah baru? Simak pilihannya di sini dengan harga mulai Rp300 jutaan.

Foto: Pixabay.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini