Sukses


6 Rahasia Agar Kue Kering Tahan Lama dan Bebas Jamur

Agar kue kering tahan lama dan bebas jamur sehingga aman dikonsumsi, maka butuh teknik khusus untuk menyimpannya. Simak tips menyimpannya!

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri biasanya juga dimanfaatkan sebagai momen untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama sanak saudara maupun sahabat. Dan pada momen ini biasanya kue kering disajikan dan juga sebagai hantaran ketika berkunjung ke rumah sanak saudara atau sahabat tadi.

(Baca juga: Tips Sukses Bikin Kue Lebaran Sendiri)

Agar kue kering tahan lama dan bebas jamur sehingga aman dikonsumsi, maka butuh teknik khusus untuk menyimpannya. Simak tips dan trik menyimpan kue kering yang benar ala Rumah.com berikut ini.

1. Dinginkan Kue Terlebih Dahulu

Kue kering yang masih panas masih mengandung uap air sehingga akan membuat kue menjadi lembap.

Sebelum dimasukkan ke dalam toples atau kotak kue, kue kering yang baru saja matang harus didiamkan dan biarkan hingga dingin terlebih dahulu . Alasannya, kue kering yang masih panas masih mengandung uap air sehingga akan membuat kue menjadi lembap.

Jika Anda ingin menyimpannya dengan cara menyusunnya secara vertikal, berikan potongan kertas roti di antara kue kering agar terlihat lebih rapi dan terjaga dari benturan.

2. Pisahkan Jenis Kue

Kue kering dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kue kering bertekstur lembut seperti kue nastar dan kue kering bertipe renyah. Simpan kue di tempat terpisah, gunakan toples kaca kedap udara untuk menyimpan kue kering renyah seperti kue semprong dan kue kuping gajah.

Sementara untuk kue kering lembut seperti kue kastengel dan kue nastar, masih boleh untuk menggunakan wadah dari bahan plastik. Isi hingga hampir penuh.

(Simak juga: Pilihan perumahan dengan harga di bawah Rp200 juta)

3. Wadah Kue dalam Keadaan Bersih

Pastikan wadah penyimpanan kue dalam keadaan bersih dan terbebas dari sisa kue kering sebelumnya. Jika perlu cuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih dan seka dengan lap hingga kering.

4. Jaga Suhu dalam Wadah Kue

Agar suhu ruang di dalam wadah tetap terjaga dan terhindar dari udara lembab, Anda bisa menambahkan silica gel yang biasanya dijual dalam kemasan. Atau bisa juga buat sendiri dengan 2 sendok teh garam dapur yang telah dibungkus dengan kertas tisu atau kain bersih.

Tempatkan wadah kue di tempat yang sejuk untuk terhindar dari pancaran sinar matahari secara langsung.

5. Masukkan Kulkas Bila Ingin Tahan Hingga 6 Bulan

Jika Anda berencana menggunakan kue kering untuk 6 bulan ke depan, Anda bisa menyimpannya ke dalam freezer kulkas. Sebelum dimasukkan, pastikan wadah penyimpanan kue yang digunakan memang khusus untuk diletakkan pada freezer. Pastikan juga agar tertutup rapat sehingga tidak merusak rasa kue dan menghindari tercampur bau bahan makanan lain.

6. Bungkus dengan Cara Kreatif

Gunakan cara kreatif seperti membungkusnya dengan bungkus plastik bening, atau kantung pembungkus makanan berwarna coklat.

Apabila kue kering yang Anda buat akan digunakan sebagai hantaran ketika berkunjung ke rumah saudara, Anda tidak harus membungkusnya dengan toples yang berbentuk tradisional. Gunakan cara kreatif seperti membungkusnya dengan bungkus plastik bening, atau kantung pembungkus makanan berwarna coklat. Untuk mempercantik tampilan, tambahkan pita di bagian atasnya.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.