Sukses


Jalan Padang By Pass Siap Layani Pemudik

Memasuki H-3, jajaran Ditjen Bina Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III melakukan perbaikan di Jalan Nasional Padang By Pass

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan pelayanan arus mudik lebaran tahun 2017.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip Rumah.com mengatakan bahwa kesiapan infrastruktur jalan dalam melayani arus mudik Lebaran tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Kesiapan tidak hanya difokuskan untuk jalur Pantai Utara Jawa yang tetap menjadi primadona pemudik karena konsentrasi penduduknya, melainkan juga di jalur-jalur lainnya di wilayah lain seperti Sumatera, Kalimantan, Bali hingga Sulawesi.

Baca juga: Jalur Minim Macet Bagi Pemudik Jawa Tengah

Memasuki H-3, jajaran Ditjen Bina Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III telah melakukan perbaikan berupa penanganan longsor dan penutupan lubang pada Jalan Nasional Padang By Pass sampai Batas Riau.

Pihaknya juga sudah menempatkan personil di posko-posko siaga Sapta Taruna Bina Marga, mengingat jalur tersebut selalu padat tiap masa mudik Lebaran.

“Posko Siaga Sapta Taruna di seluruh Sumatera Barat berjumlah 16 posko dan di Bengkulu ada 9 posko. Posko dilengkapi informasi daerah rawan longsor, alat berat berupa dump truck, loader dan excavator dan petugas piket lebaran beserta call centernya. Mendekati lebaran, alat berat maupun petugas akan kami tambahkan,” tutur Kepala BPJN III, Syaiful Anwar.

Salah satu posko ditempatkan pada titik yang terkenal rawan, yakni di KM 65 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tikungan Silaing.

“Di lajur tersebut jalanan menurun dan menanjak sangat curam disertai dengan tikungan tajam. Pengendara dihimbau untuk berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu di lokasi tersebut karena apabila hujan jalanan menjadi licin. Rambu lalu lintas telah diperbanyak melalui kerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian, agar dapat melayani mudik lebih baik lagi,” imbuhnya.

Simak juga: Asuransi Properti, Cara Tepat Lindungi Rumah Saat Mudik

Jalan Nasional Padang By Pass sendiri memiliki panjang 27,25 km yang menghubungkan Teluk Bayur sampai Flyover Duku tanpa perlu masuk kota Padang.

Jadi, pemudik yang hendak melakukan perjalanan ke Bengkulu bisa langsung melalui Padang Bypass, termasuk yang ingin mudik ke Pekanbaru, Riau dan ke Padang Sidempuan hingga Medan.

Selain di Tikungan Silaing, posko juga ditempatkan di Jembatan Kelok 9 yang terkenal akan keindahan lansekap alamnya yang harmonis dengan struktur jembatan. Pada spot pariwisata ini diprediksi akan terjadi kepadatan kendaraan.

Pada jalur terpadat di Sumbar yaitu Padang (Bypass) – Bukit Tinggi – Batas Riau sepanjang 205 km tersebut, saat ini telah siap 99 persen, dan hanya terdapat satu titik longsor yaitu pada KM 185 yang sedang dilakukan penanganan akibat longsor pada 9 Juni 2017 lalu.

Longsor tersebut mengakibatkan tertutupnya satu lajur kendaraan dan hanya menyisakan satu lajur untuk dilalui kendaraan.

Untuk mencegah kemacetan pada titik longsor longsor, pihak BPJN III juga sudah bergerak cepat dengan melakukan pemasangan plat decker untuk menahan timbunan. Sehingga diharapkan pada saat kepadatan arus mudik jalan sudah dapat dilalui kendaraan dengan dua lajur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini