Sukses


Kenali Tempat Penitipan Hewan Terpercaya

Banyaknya jasa penitipan hewan yang tersebar di wilayah tempat tinggal Anda, membuat Anda wajib teliti dalam menyeleksi tempat yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Kurang dari satu minggu lagi umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Bagi yang pulang ke kampung halaman, agenda mudik pasti sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

Bukan hanya urusan transportasi dan barang-barang yang akan dibawa saja, untuk yang punya hewan peliharaan tentu harus sesegera mungkin menemukan lokasi penitipan hewan yang aman dan bisa diandalkan.

Baca juga: Memelihara Hewan di Rumah Mungil? Ini Tipsnya!

Namun banyaknya jasa penitipan hewan yang tersebar di wilayah tempat tinggal Anda, membuat Anda wajib teliti dalam menyeleksi tempat yang tepat. Berikut Rumah.com sebutkan apa saja ciri-ciri pet care yang terjamin dan bisa membuat Anda tenang saat pergi mudik.

  1. Kandang dan Ruangan Mencukupi

Ingat, bukan hanya Anda seorang yang menitipkan hewan kesayangan di tempat tersebut. Oleh karenanya, carilah jasa penitipan hewan yang punya ruangan cukup besar dengan kendang yang mencukupi.

Jika luas ruang dan kandang terbatas, dikhawatirkan kondisi udara akan terasa sumpek yang juga berakibat pada minimnya oksigen.

  1. Lihat Kebersihannya

Kebersihan merupakan faktor utama dalam mencari tempat penitipan hewan. Jadi, apabila Anda menemukan beberapa kotoran hewan yang terkesan dibiarkan terlalu lama, sebaiknya urungkan niat untuk menitipkan hewan Anda di sana.

Kandang atau ruangan yang kotor sangat mungkin memicu berkembangnya berbagai penyakit pada hewan seperti bakteri, jamur, hingga kutu.

Baca juga: Tips Cegah Penularan Penyakit dari Hewan Peliharaan

  1. Petugas Ramah

Poin yang satu ini juga tak kalah pentingnya untuk Anda telisik. Saat berkunjung pertama kali, ajaklah petugas pet care untuk berbincang mengenai fasilitas yang disediakannya serta harga penitipan. Bila ia tak sungkan menjawabnya secara lugas dan ramah, Anda boleh mempertimbangkannya.

Sebaliknya, jika saat ditanya-tanya ia terkesan mengabaikan dan sedikit ketus maka hindari tempat penitipan hewan tersebut. Sebab keramahan sang petugas bisa menjadi sinyal bahwa ia merupakan seseorang yang bertanggungjawab dan penuh kasih sayang.

  1. Punya Surat Perjanjian

Ciri lain yang bisa menjadi tanda bahwa tempat penitipan hewan yang Anda tuju aman dan terpercaya adalah memiliki surat perjanjian. Surat ini mencakup banyak hal mulai dari apa saja fasilitas yang diterima Anda maupun hewan peliharaan, berapa lama waktu penitipan, hingga kebiasaan sang hewan.

Surat juga harus mencakup biaya yang harus dibayarkan di muka maupun setelah hewan diambil kembali. Jangan lupa untuk menyimak ketentuan yang berlaku terkait dengan keamanan dan kesehatan hewan kesayangan Anda.

  1. Rekomendasi Teman

Apabila Anda belum yakin akan beberapa tempat penitipan hewan di sekitar lokasi rumah, sangat disarankan untuk meminta rekomendasi teman yang sudah sering menitipkan hewannya.

Dengan begitu, perjalanan Anda selama mudik akan tetap nyaman dan tenang tanpa harus terganggu urusan keselamatan hewan peliharaan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.