Sukses


7 Jurus Kelola Uang THR dengan Bijak

Sebenarnya ada cara yang lebih bijak untuk memaksimalkan penggunaan dana THR, untuk keperluan yang produktif atau investasi. Simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Hari raya Idul Fitri sudah tinggal beberapa hari lagi. Dan di hari-hari seperti ini salah satu momen yang ditunggu-tunggu para karyawan tentunya hadirnya uang Tunjangan Hari Raya (THR). Jumlahnya tentu saja terbilang cukup lumayan karena umumnya senilai satu bulan gaji bagi yang masa kerjanya lebih dari satu tahun atau tercatat sebagai karyawan tetap. 

(Baca juga: Yuk Kelola Bonus dan THR Untuk DP Rumah!)

Dan sesuai namanya, kebanyakan orang memanfaatkan uang ini untuk memenuhi kebutuhan di hari raya. Sebut saja mulai dari yang katanya wajib ada di meja makan seperti ketupat dan opor ayam beserta kue-kue kering, baju baru dan sepatu baru untuk dikenakan saat silaturahmi.

Namun sesungguhnya ada cara yang lebih bijak untuk memaksimalkan penggunaan dana tersebut seperti untuk keperluan yang sifatnya produktif atau bahkan investasi di masa depan. Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan dengan uang THR Anda berikut ini.

1. Sisihkan untuk Kewajiban Lebaran

Salah satu hal yang wajib Anda dahulukan ketika menyambut datangnya hari raya adalah membayar zakat dan bersedekah, berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Dan uang THR bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kewajiban ini.

2. Bayar Utang

Jika selama ini Anda memiliki utang, tidak ada salahnya juga memanfaatkan THR untuk meringankan beban utang seperti kartu kredit atau pinjaman perorangan. Meskipun konsekuensinya dana THR Anda jadi berkurang namun dengan membayar utang akan meringankan kondisi keuangan Anda di masa depan.

(Simak juga: Pilihan rumah dengan DP ringan yang harganya mulai dari Rp300 jutaan)

3. Investasi

Lewat dana THR Anda juga bisa memulai atau mengembangkan investasi yang sudah dimiliki. Namun pastikan bahwa kondisi keuangan Anda sudah cukup aman dan juga tidak memiliki beban kewajiban atau utang lainnya. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih seperti investasi emas, deposito, atau reksadana. Investasi ini bisa dimulai dari uang ratusan ribu saja.

4. THR untuk Pekerja di Rumah

Apabila ada beberapa orang yang bekerja di rumah, saat menerima THR Anda bisa langsung memisahkannya ke dalam beberapa amplop terpisah sebagai THR untuk mereka. Cara ini akan menghindarkan Anda dari mengalokasi dana THR secara mendadak. Tidak hanya dalam bentuk uang, Anda juga bisa memberikan bingkisan yang berkesan untuk mereka.

5. Renovasi Rumah

Sisihkan sebagian uang THR untuk biaya renovasi rumah atau apapun yang bisa membuat rumah Anda tampak lebih cantik. Buat perencanaan terlebih dahulu seperti bagian rumah mana yang akan direnovasi, dicat, atau perabotan apa yang akan diganti. Perkirakan berapa biaya yang dibutuhkan. Sebaiknya susun prioritas, pastikan Anda tidak menggunakan seluruh dana THR.

6. Akomodasi dan Konsumsi Selama Hari Raya

Bagi Anda yang mudik bersama keluarga, sisihkan dana ini untuk biaya akomodasi dan konsumsi selama perjalanan hari raya. Lebaran biasanya diikuti dengan libur panjang yang jadinya dimanfaatkan untuk menjadi ajang rekreasi. Agar tidak menjadi konsumtif, sebaiknya rencanakan perjalanan serta anggarannya terlebih dahulu termasuk biaya makan dan oleh-oleh.

7. Kewajiban yang Bersifat Tahunan

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan THR untuk membereskan kewajiban yang bersifat tahunan seperti premi asuransi, perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Jika tanggal pembagian THR belum mendekati jatuh tempo kewajiban tersebut, Anda bisa menyisihkannya di tabungan terpisah.

Mita Agustina

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini