Sukses


Jangan Asal Letakkan Tempat Tidur. Begini yang Benar!

Untuk menciptakan kamar yang nyaman, penempatan ranjang tidur di dalam kamar merupakan faktor terpenting.

Liputan6.com, Jakarta Kamar tidur merupakan area yang penting dalam hunian. Untuk mendekorasi sebuah kamar tidur diperlukan ketelitian. Apalagi fungsi kamar tak lain untuk tempat beristirahat bagi penghuni.

Kenyamanan menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat mendekorasi ruang kamar tidur. Untuk menciptakan kamar yang nyaman, penempatan ranjang tidur di dalam kamar merupakan faktor terpenting.

Meski terdengar sepele, Anda wajib memperhatikan penempatan kamar tidur. Ada beberapa posisi penempatan posisi tempat tidur yang disarankan oleh Rumah.com.

Tidak Menghadap Pintu

Dalam ilmu fengsui, tempat tidur yang menghadap langsung ke pintu tidak disarankan karena dianggap akan mengeluarkan ‘hawa baik’ di dalam kamar.

Sebenarnya, hal ini berkaitan dengan aliran udara. Tempat tidur yang menghadap langsung ke pintu akan membuat udara dari luar yang arusnya kencang langsung menerpa tubuh. Hal ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti masuk angin.

 Selain itu, ranjang yang langsung menghadap pintu akan mengurangi privasi dan kenyamanan pemilik kamar.

(Simak juga: Tips Pilih Desain dan Warna Kamar Tidur)

Jangan Menempel ke Dinding dan Jendela

Hindari menempatkan ranjang menempel ke dinding. Apalagi jika dinding tersebut berbatasan langsung dengan kamar mandi yang membuat dinding lembap dan dingin. Jika kasur menempel pada dinding lembap akan membuat kasur ikut lembap. Efeknya tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Sementara dinding yang berjendela, biasanya rentan debu. Hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan pernafasan Anda. Partikel debu rentan menempel pada teralis jendela, tirai, dan kusen kayu.

Jika tempat tidur Anda dibiarkan menempel, partikel debu tersebut dapat berterbangan berpindah tempat menempel ke ranjang Anda. Seprai pun akan cepat kotor.

Selain itu, ranjang yang menempel ke dinding akan membuat perubahan pada warna dinding dan menyulitkan Anda saat harus mengganti seprai.

Tepat di bawah AC

Udara yang sejuk memang nyaman untuk beristirahat. Namun jika tubuh langsung tepapar AC semalam suntuk jelas tidak baik. Apalagi jika AC langsung berada di atas kepala Anda. Dampaknya dapat menyebabkan sakit kepala dan masuk angin.

Posisi terbaik menempatkan tempat tidur adalah di tengah ruang dengan headboard (kepala kasur) hampir menempel ke dinding. Namun jika ukuran kamar tidak memadai, setidaknya sisakan jarak 40-60 cm dari dinding untuk meminimalisasi ketidaknyamanan dan memudahkan Anda mengganti seprai.

Pengembang perumahan baru saat ini sudah mengusung desain rumah sehat, di antaranya terdapat jendela untuk setiap kamar tidur. Tertarik pindah ke rumah baru? Simak puluhan pilihan rumah baru dengan harga Rp350 jutaan di sini!

Foto: Pixabay.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini