Sukses


Tips Sederhana Agar Balita Lebih Aman di Rumah

Ada fase di mana Si Kecil sedang aktif-aktifnya yang membuat Anda harus melakukan usaha ekstra untuk mengamankannya dari celaka.

Liputan6.com, Jakarta Menyaksikan Si Kecil tumbuh dan berkembang adalah salah satu anugerah terindah dari Tuhan. Ada fase di mana Si Kecil sedang aktif-aktifnya yang membuat Anda harus melakukan usaha ekstra untuk mengamankannya dari celaka.

Merasa rumah Anda sudah aman untuk si kecil? Coba perhatikan hal-hal kecil dari Rumah.com ini, pastikan Anda sudah menjalankannya.

Mengunci lemari atau kabinet

Jangan biarkan lemari, rak atau kabinet Anda dapat dibuka dengan mudah oleh balita. Masalahnya tak hanya anak akan mengambil barang apa pun yang ada di dalamnya, melainkan lemari yang terbuka berisiko dipanjat anak untuk menggapai apa pun yang ada di atasnya.

Kuncilah seluruh lemari dan kabinet dan pastikan kunci tidak menempel di lubang kuncinya.

Menjauhkan benda tajam

Beberapa benda tajam seperti cutter dan gunting adalah peralatan yang selalu Anda butuhkan. Sebaiknya tidak menyimpan benda tajam ini di lokasi terbuka seperti atas meja atau di dapur.

Masukkan benda tajam ke dalam rak dan kunci rak tersebut sehingga tidak dapat digunakan oleh anak.

Jauhkan guci atau pot

Bila Anda menyukai koleksi guci atau pot, sebaiknya gunakan pot atau guci tersebut sebagai wadah sehingga cukup berat untuk didorong anak.

Guci yang dibiarkan kosong dan diletakkan begitu saja berisiko didorong anak dan menyebabkan guci akan jatuh dan menimpa tubuhnya.

Kunci ruang kerja

Bila Anda terbiasa meletakkan berkas kerja, laptop, ponsel, dan perlengkapan kerja lainnya di ruang kerja, selalu pastikan Anda menutup pintunya dan kuncilah saat Anda pergi.

Ruang kerja orangtua selalu menarik bagi anaknya, mereka akan memainkan laptop, dan seluruh kertas yang ada di dalam ruangan Anda.

Jauhkan makanan hewan

Simpan makanan hewan peliharaan di dalam lemari tertutup dan jauhkan dari jangkauan anak. Balita selalu tertarik untuk meniru berbagai hal yang dilihatnya, termasuk saat dia melihat hewan memakan makanannya.

Jika Anda membiarkan makanan hewan tergeletak begitu saja, si kecil berisiko mengambil dan mencicipinya. Selain itu, selalu bersihkan wadah makanan hewan setelah selesai memberikan makan.

(Simak juga: Sulit Bujuk Anak Tidur di Kamarnya Sendiri? Simak Tipsnya!)

Tutup stop kontak

Jika stop kontak terletak di bagian bawah dinding, pastikan Anda sudah menutupnya sehingga tidak mudah dimainkan anak. Atau jika tak ada tutupnya, pilihlah stop kontak yang harus diputar dahulu sebelum digunakan, sehingga tetap aman saat tidak digunakan.

Letakkan mainan anak di laci rendah

Simpan mainan si kecil di bagian paling rendah dari lemari Anda. Fungsinya agar anak tak perlu memanjat atau menaiki tangga saat ini mengambil mainannya, sekaligus memudahkan Anda saat mengajaknya untuk membereskan mainannya.

Tertarik mencari rumah baru dengan lebih banyak kamar? Simak pilihan rumah tiga kamar tidur dengan harga mulai Rp1 miliar di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini