Sukses


6 Teknik Mewarnai Dinding Rumah Agar Terlihat Cantik

Butuh ide untuk mengecat dinding rumah Anda? Simak beberapa inspirasi teknik mewarnai dinding rumah agar terlihat cantik.

Liputan6.com, Jakarta 6 teknik mewarnai dinding rumah agar terlihat cantik ini tentunya penting disimak oleh Anda yang bosan dengan gaya hiasan dinding yang itu-itu saja.

Ya, Anda bisa saja menambahkan hiasan pada dinding seperti lukisan dan karya seni lain agar dinding rumah Anda tidak terlihat membosankan. Namun terlalu banyak dekorasi yang digantung pada dinding juga bikin rumah terlihat tidak elok di pandang.

Mau beli rumah? Agar tidak menyesal, cek dulu review properti persembahan Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Dinding jadi tampak penuh dan jika penempatannya kurang tepat bisa jadi malah bikin rumah terkesan jadi berantakan. Tentu saja ada banyak cara lain yang bisa Anda coba agar dinding rumah Anda terlihat lebih berwarna.

Tahukah anda bahwa dengan teknik mengecat yang kreatif Anda bisa membuat tampilan dinding rumah Anda jadi nampak indah dan berseni. Untuk itu simak 6 inspirasi teknik mewarnai dinding rumah agar terlihat cantik berikut ini:

  • Dinding Ombre
Sebelum mulai mengecat, batasi area pengecatan masing-masing warna dengan kertas selotip. (Image: Thespruce.com)

Gaya ombre atau gradasi warna selain digunakan untuk mengecat rambut ternyata juga bisa diaplikasikan pada dinding rumah Anda. Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan menyiapkan paling tidak 3-4 warna cat yang bergradasi dari terang ke gelap atau sebaliknya.

Sebelum mulai mengecat, batasi area pengecatan masing-masing warna dengan kertas selotip.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bentuk Geometri

  • Dinding dengan Bentuk Geometri
Anda pun bisa mengaplikasikan teknik ini di rumah dengan menggunakan spidol cat. (Image: Abeautifulmess.com)

Bentuk geometri di dinding memang sedang menjadi tren sebagai bagian dari dekorasi interior. Anda pun bisa mengaplikasikan teknik ini di rumah dengan menggunakan spidol cat.

Gunting pola geometri yang diinginkan menggunakan kardus kemudian mulai gambar dinding menggunakan spidol. (Image: Abeautifulmess.com)

Pilih warna yang sesuai dengan cat dinding, misal cat dinding rumah Anda berwarna abu-abu pilih spidol cat berwarna putih. Gunting pola geometri yang diinginkan menggunakan kardus kemudian mulai gambar dinding menggunakan spidol.

3 dari 4 halaman

Dinding Mural

  • Mural Pada Dinding
Membuat mural memang tidak mudah jika dilakukan sendiri. Dan pada umumnya orang akan membutuhkan bantuan dari seseorang yang sudah cukup ahli.
 
Mau beli rumah? Mengajukan KPR? Atau mengurus legalitas tanah? Cek panduan lengkapnya di sini!

Untuk mudahnya, buat mural dengan pola sederhana seperti gambar gunung. Anda hanya perlu menyiapkan 3 warna cat untuk menampilkan gradasi satu sama lain dan cat dinding dengan arah gelombang hingga menyerupai hamparan grup.

  • Hias Dinding dengan Tetesan Cat
Tidak usah isi pompa terlalu banyak karena akan merembes hingga ke lantai, cukup isi kurang lebih 3-5ml untuk setiap pengecetan. (Image: Homeology.co.za)

Salah satu cara lain yang cukup seru dilakukan untuk menghias dinding rumah adalah dengan membuat tetesan cat. Anda akan membutuhkan beragam warna cat untuk melakukannya dan juga siapkan beberapa pompa jarum suntik sesuai dengan banyaknya cat.

Menghias dinding rumah seperti ini tentunya bisa Anda lakukan sendiri karena mudah dan tidak ribet. Berbeda dengan jual beli properti, manfaatkan jasa agen properti profesional yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda.

Tidak usah isi pompa terlalu banyak karena akan merembes hingga ke lantai, cukup isi kurang lebih 3-5ml untuk setiap pengecetan. Gunakan tangga untuk membantu Anda dan mulai teteskan cat dari dinding paling atas.

4 dari 4 halaman

Seni Modern

  • Dinding dengan Desain Seni Modern

Cara berikut bisa Anda kerjakan bersama anak-anak karena cukup mudah. Tempelkan beberapa selotip khusus pada salah satu dinding kamar hingga membentuk desain sebuah geometri. Setelah di tutup, cat bagian dalam bentuk geometri dengan warna yang berbeda-beda. Tunggu hingga cat mengering, kemudian lepaskan selotip.

  • Membuat Motif Chevron
Anda bisa mengombinasikan beberapa warna, namun jika ingin menunjukkan kontras gunakan hanya warna hitam dan putih. (Image: Decoist.com)

Motif Chevron atau zig-zag dalam sebuah desain cukup digemari saat ini karena terlihat trendi. Anda bisa mengecat dinding rumah dengan cara ini, namun tidak perlu melakukannya untuk seluruh ruangan. Cukup pilih satu dinding untuk memberikan kesan dramatis.

Anda bisa mengombinasikan beberapa warna, namun jika ingin menunjukkan kontras gunakan hanya warna hitam dan putih.

Ingin punya rumah dengan desain yang kekinian namun dengan kisaran harga tak lebih dari Rp500 jutaan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Itulah 6 inspirasi teknik mewarnai dinding rumah agar lebih berseni. Mau punya rumah tapi ragu-ragu dengan kemampuan Anda untuk membayar cicilan KPR per bulannya? Cek hitung-hitungannya lewat kalkulator KPR persembahan Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.