Sukses


Cukup 3 Langkah untuk Bikin Lantai Bebas Kuman

Agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan kuman dan bakteri maka bersihkan lantai secara teratur. Dan berikut adalah tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga rumah agar selalu dalam kondisi bersih merupakan hal yang amat penting – apalagi bila Anda punya anak kecil. Bukan apa-apa, rumah yang kondisinya kurang bersih akan membuat kuman dan bakteri jadi mudah bersarang.

(Baca juga: Langkah Tepat Mengatasi Lantai Dapur yang Berminyak)

Ya, bersih tanpa terkecuali. Terutama pada bagian lantai yang kerap bersentuhan langsung dengan tubuh kita. Dan agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri maka bersihkan lantai secara teratur.

Jika lantai di rumah Anda terbuat dari keramik, maka berikut adalah beberapa cara dari Rumah.com yang dapat digunakan untuk membersihkannya.

1. Sapu Seluruh Permukaan Lantai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyapu seluruh permukaan lantai untuk menyingkirkan kotoran dan debu. Jika Anda memiliki penyedot debu maka bisa Anda manfaatkan untuk mempercepat pekerjaan.

2. Pel Lantai Hingga Bersih

Campurkan air panas dengan cairan pembersih khusus keramik pada sebuah ember. Pastikan sebelumnya Anda sudah membaca petunjuk pemakaian pada label dan mengikutinya instruksi. Sebisa mungkin gunakan produk pembersih keramik yang mengandung butiran mikro sehingga mudah mengangkat noda dan kotoran dari lantai.

Selanjutnya, pel lantai dan biarkan kering secara alami. Dan jangan gunakan peralatan yang bertekstur kasar seperti sikat kawat saat membersihkan lantai karena dapat menggores permukaannya.

3. Gunakan Alat Pel Uap

Alat pel uap ampuh untuk menjaga lantai keramik agar tampak bersih, bebas kuman, berkilau, serta membuat bagian nat keramik menjadi tidak kusam. Gunakan alat pel uap seminggu sekali untuk membunuh bakteri di lantai.

Jika lantai rumah terbuat dari kayu, Anda bisa mengulang langkah-langkah pembersihan seperti pada lantai keramik namun dengan tambahan poin-poin berikut ini:

(Baca juga: Percantik Teras dan Balkon dengan Lantai Kayu)

  • Sapu sesuai arah lantai kayu. Dengan menyapu sesuai arahny memungkinkan Anda untuk mengangkat setiap kotoran yang masuk di antara alur dari potongan-potongan lantai kayu. Sapu lantai setiap hari untuk menghilangkan kotoran.
  • Bersihkan segera cairan yang tumpah. Gunakan kain atau spons untuk membersihkan cairan yang tumpah pada lantai kayu. Jangan biarkan cairan tergenang terlalu lama karena cairan dapat menjadi noda dan bahkan merusak lapisan pelindung yang terdapat pada lantai kayu. Basahi kain atau spons sebelum membersihkan untuk menghilangkan noda yang tersisa.
  • Buat larutan cuka dan air. Tuangkan 60 ml cuka putih ke dalam 1000 ml botol semprot. Isilah sisa botol dengan air kemudian kocok agar tercampur. Campuran ini berguna jika lantai kayu terkena noda lumpur atau noda lain yang menyebabkan lantai menjadi kusam.
  • Gunakan deterjen atau sampo bayi. Selain menggunakan cuka, Anda juga bisa menggunakan deterjen atau sampo bayi untuk membersihkan lantai kayu. Masukkan deterjen atau sampo bayi ke dalam ember berisikan air panas lalu aduk hingga tercampur merata. Air sabun adalah pilihan yang baik untuk membersihkan lantai kayu yang telah terkena lumpur atau kotoran lainnya.

Setiap orang pasti ingin punya rumah yang selalu bersih. Dan setiap orang pastinya memang ingin punya rumah sendiri. Jangan cuma bermimpi, miliki rumah dengan DP dan cicilan ringan di sini!

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.