Sukses


3 Langkah Mudah untuk Jual Rumah

Tidak harus melakukan renovasi besar, dengan sedikit trik Anda bisa meningkatkan harga jual rumah Anda secara signifikan.

Liputan6.com, Jakarta Untuk alasan pindah ke rumah baru atau memang butuh uang, menjual rumah jelas bukanlah perkara yang gampang. Pasalnya, ada banyak rumah lain juga yang tengah dipasarkan yang bisa jadi akan menjadi saingan rumah Anda saat dipasarkan.

(Baca juga: Kiat Jual Rumah di Dalam Gang agar Cepat Laku)

Untuk memenangkan ‘pertarungan’ ini, sebelum memasang iklan atau menawarkannya ke agen properti untuk dipasarkan, persiapkan dulu kondisi rumah yang akan dijual. Tidak harus melakukan renovasi besar, dengan sedikit trik Anda bisa meningkatkan harga jualnya secara signifikan.

Jadi, siapkan waktu luang di akhir pekan untuk melakukan tiga langkah yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Bersih-bersih dan Rapikan Rumah

Langkah ini mungkin terdengar biasa, namun membuat tampilan rumah agar nampak bersih dan rapi memanglah hal yang penting. Calon pembeli tidak hanya melihat kondisi bangunan dan tata ruang di dalam rumah saja, namun bagaimana Anda merawat dan menata benda dengan baik.

  • Sebelum bersih-bersih, singkirkan barang yang membuat rumah tampak berantakan. Selain bisa didonasikan, bisa jadi barang-barang tersebut bernilai jika dijual di pasar loak online. Intinya, buat rumah nampak rapi dengan barang yang minim.
  • Jika sudah, saatnya membersihkan setiap sisi rumah secara maksimal. Ajak anggota keluarga yang lain untuk meringankan tugas ini. Perhatikan ruang dapur dan kamar mandi sampai dengan kaca jendela. Langkah ini bisa membuat rumah Anda tampil lebih “mahal” dan menarik.
  • Terakhir, rapikan isi lemari, laci, dan kabinet. Beberapa calon pembeli ada yang ingin membuka lemari atau laci untuk mengecek luas penyimpanannya. Kalau ketika dibuka, isi lemari Anda tertata dengan rapi maka hal ini bisa memberi nilai tambah bagi rumah Anda.

Lakukan Perbaikan Sendiri

Sebelum ‘memamerkan’ isi rumah Anda di tahap open house, ada baiknya jika Anda memperbaiki beberapa kerusakan di dalam rumah.

  • Perbaiki jika ada keran yang macet atau toilet yang mampet
  • Bersihkan kerak yang ada di shower, wastafel, dan bak mandi
  • Bersihkan atau tambal nat yang mulai terlihat berlubang
  • Ganti wallpaper atau cat ulang dinding dengan pilihan warna yang netral
  • Perbaiki kaca jendela yang pecah atau patah
  • Ganti lampu bohlam dengan LED yang lebih sejuk dipandang mata

Rapikan Teras dan Pekarangan Depan

Pandangan pertama bisa memberi penilaian yang penting. Tentu Anda ingin membuat calon pembeli terkesan melihat bagian depan rumah sehingga mereka tertarik untuk masuk dan melihat-lihat ke bagian dalamnya.

  • Pangkas rapi rumput liar, tanaman pot, dan ranting pohon. Pastikan tidak ada dahan atau ranting yang menyentuh sisi atap rumah Anda.
  • Perbaiki jika ada nat teras yang rusak atau berlubang.
  • Anda juga bisa menambahkan beberapa dekorasi di taman seperti pijakan kaki (stepping stone), air mancur, sampai dengan lampu taman.
  • Bersihkan batu dan teras yang kotor atau berlumut. Sikat bersih agar tidak licin ketika dipijak.
  • Beri sentuhan segar yang menyambut tamu, seperti keset baru dan nomor rumah yang di kustom agar terlihat eye catching.

Selanjutnya tinggal terserah Anda, mau memilih menggunakan jasa agen properti yang mana. Dan bagi Anda yang tengah berniat membeli rumah, maka Anda bisa mendapatkan ratusan informasi tentang perumahannya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.