Sukses


Suvenir Liburan Menumpuk? Jadikan Dekorasi Ruangan!

Agar suvenir tak menumpuk begitu saja di rumah, gunakan barang-barang tersebut untuk mempercantik rumah Anda. Butuh inspirasi?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kegiatan yang biasanya tak Anda lewatkan saat liburan adalah belanja suvenir. Hampir seperti tradisi, setiap orang yang baru pulang dari liburan akan membeli suvenir.

Bukan hanya Anda yang membeli, tak jarang, tanpa meminta, sanak saudara atau sahabat akan membawakan Anda suvenir dari berbagai kota, bahkan negara. Tak jarang pula, Anda tak tahu harus diapakan suvenir-suvenir tersebut.

Agar suvenir tak menumpuk begitu saja di rumah, gunakan barang-barang tersebut untuk mempercantik rumah Anda. Butuh inspirasi? Simak panduan dari Rumah.com ini.

Buku

Kadang, sembari menunggu pesawat di airport, Anda akan menyempatkan diri membeli buku di gerai yang ada di dalam terminal tunggu keberangkatan. Buku cenderung colorful, ceritanya menarik, dan sampulnya didesain lucu. Hasilnya, Anda bisa menggunakan buku ini sebagai ornamen di meja.

Warna-warni cover buku bisa jadi daya tarik sudut rumah Anda.

Bantal

Hobi mengumpulkan bantal dengan motif dari berbagai kota atau negara yang pernah Anda kunjungi? Kumpulkan semua bantal itu dan jadikan pelengkap sofa atau kursi ruang tamu Anda.

Anda pun tak perlu membeli bantal sofa lagi. Agar lebih keren, pilihkan bantal yang bentuknya serupa, misalnya semuanya persegi.

Bantal dengan ornamen mencolok bisa memperkuat gaya shabby chic di rumah.

Batu

Tempelkan batu pada papan lalu hiaslah dinding rumah Anda dengan batu tersebut. Jika batunya berwarna-warni, dinding rumah Anda pun akan jadi lebih cerah dan unik. Anda tak akan bosan memandangnya.

Warna-warni batu alam tak melulu dijadikan cincin. Jadi penghias dinding pun bisa.

Kartu pos

Kartu pos bertema wisata hampir selalu ada di setiap tujuan liburan Anda. Jika Anda hobi mengoleksinya, sematkan setiap kartu pos pada frame besar yang akan digantungkan pada salah satu sisi dinding rumah Anda.

Siap-siap tersenyum melihat setiap melihat kartu pos yang tergantung. Setiap tempat yang pernah Anda kunjungi dalam gambar tersebut akan mengulik kembali kenangan indah Anda.

Kartu pos yang menampilkan tempat wisata yang pernah Anda kunjungi menjadi cara terbaik untuk mengenang setuap petualangan seru Anda.

(Simak juga: Murah Tapi Nggak Murahan. Inspirasi Dekorasi Rumah dari Barang Bekas)

Hiasan dinding

Pilihlah suvenir yang memang bisa Anda tempatkan di area dinding sehingga tidak hanya berserakan di lantai atau memenuhi tempat penyimpanan lainnya.

Akan lebih baik jika suvenir tersebut bisa digunakan sebagai wadah barang lainnya. Misalnya, terompah khas Belanda dapat Anda gunakan sebagai pengganti pot tanaman.

Kreatiflah memanfaatkan suvenir. Anda bisa menjadikannya hiasan dinding seperti terompah khas Belanda ini.

Hiasan meja

Jika dinding sudah penuh dengan suvenir Anda yang berupa foto—maklum bujet belanja liburan sengaja Anda minimalkan—gunakan area meja sebagai ajang etalase foto.

Pilih meja yang dapat menyimpan benda-benda di bawah kacanya. Letakkan suvenir Anda di sana.

Dekorasi hemat biaya ini tepat untuk diaplikasikan pada rumah minimalis. Tertarik memiliki rumah di bawah Rp500 Jutaan? Lihat puluhan pilihannya di sini.

Foto utama: RumahCom/Getty Images

Foto ilustrasi artikel: hgtv.com, popsugar.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini