Sukses


Cara Gampang Hilangkan Noda Buah pada Pakaian

Ada buah tertentu yang warnanya sangat dominan dan berisiko meninggalkan noda di pakaian Anda, misalnya buah naga merah dan plum merah.

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya buah dengan beragam warna memang sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan vitamin yang tinggi dalam buah serta antioksidannya akan membantu tubuh mempertahankan imunitasnya.

Masalahnya ada buah tertentu yang warnanya sangat dominan dan berisiko meninggalkan noda di pakaian Anda, misalnya buah naga merah dan plum merah.

Tenang, meski warnanya sangat pekat, noda buah ini mudah dihilangkan. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat menikmati buah segarnya.

Siram dengan air mengalir

Segera bersihkan sisa serat buah dan getah yang masih menempel di permukaan pakaian dengan air yang mengalir dari kran. Pastikan permukaan baju Anda tak lagi licin oleh getah buah tersebut.

Tak perlu menggunakan air hangat untuk membilasnya, karena air hangat malah membuat noda semakin melekat.

Gunakan detergen cair

Tambahkan detergen cair di bagian yang ternoda lalu kuceklah hingga nodanya berkurang atau menghilang. Jika noda susah dihilangkan, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas yang sikatnya halus untuk menyikat bagian yang ternoda tersebut.

Rendam pakaian

Untuk noda getah yang memang susah dihilangkan dengan dikucek, cobalah untuk merendamnya selama minimal satu jam dengan air yang ditambahkan detergen.

Air akan membuat serat pakaian menjadi lebih longgar sehingga noda pun terlepas dengan sendirinya.

(Simak juga: Tips Menghilangkan Noda Cat di Pakaian)

Boleh dicuci dengan mesin

Jika nodanya cukup membandel, Anda bisa menggunakan mesin cuci untuk membantu mencuci pakaiannya.

Gunakan detergen cair atau yang sesuai dengan mesin dan pakaian Anda—detergen lembut yang tak merusak kain—dan oleskan pada bagian ternoda. Lalu, nyalakan mesin cuci dan aturlah dengan durasi seperti biasa.

Gunakan jeruk nipis dan soda kue

Tambahkan perasan jeruk nipis serta soda kue di bagian yang ternoda lalu kucek kembali. Kedua bahan ini akan membantu noda dan getah terlepas dari serat kain.

Setelah itu, Anda bisa membilasnya dan menguceknya kembali dengan detergen.

Sedang mencari rumah baru? Temukan puluhan pilihan rumah baru di bawah Rp500 Jutaan di sini!

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.