Sukses


5 Jenis Tanaman yang Bisa Bikin Cantik Kamar Mandi Anda

Tanaman hidup ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi kamar mandi. Dan berikut adalah tanaman yang cocok untuk kamar mandi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang memanfaatkan tanaman pot untuk menghias ruangan. Sebut saja mulai dari ruang tamu, ruang kerja, dapur, hingga kamar tidur. Namun tidak banyak orang yang mendekorasi kamar mandinya dengan sentuhan tanaman hidup. Padahal, suhu lembab di kamar mandi bisa menjadi habitat yang pas untuk beberapa varietas tanaman.

Selain dapat mempermanis ruangan, sebagian besar tanaman pot juga bisa membantu memurnikan udara. Manfaatkan kehadirannya untuk memperbaiki kualitas udara di dalam rumah Anda. Namun sebelum memilih tanaman yang akan diletakkan di kamar mandi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

(Baca juga: Ini Daftar Tanaman yang Bakal Jadi Tren di 2017)

Beberapa jenis tanaman ada yang membutuhkan sedikit asupan cahaya, ada yang membutuhkan tingkat kelembapan yang tinggi, ada pula yang membutuhkan area yang luas untuk perkembangannya.

Selain itu, pikirkan juga lokasi yang pas untuk meletakkan pot tanamannya. Untuk tanaman kecil sebaiknya letakkan di atas meja atau countertop. Area lain yang bisa dipilih ialah di dekat jendela, di pojok ruangan, dan di gantung di dinding.

Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut adalah lima jenis tanaman yang cocok diletakkan di kamar mandi Anda.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Karena kelembaban kamar mandi yang tinggi, maka lidah buaya tidak membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup.

Jenis tanaman ini sering digunakan orang sebagai tanaman pot hias. Meskipun lidah buaya membutuhkan asupan cahaya yang banyak, namun mereka tidak bisa terkena paparan sinar matahari langsung terlalu banyak.

Untuk itu lidah buaya hanya cocok diletakkan di dalam ruangan yang dekat dengan jendela. Karena kelembaban kamar mandi yang tinggi, maka lidah buaya tidak membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup.

Bambu

Anda bisa mengikat batang pohonnya dengan pengikat atau dengan membentuk lekuk batang pohonnya menyerupai bonsai agar nampak menarik.

Bambu menjadi tanaman pot dengan perkembangan yang paling cepat sehingga sangat cocok dipilih untuk menghias ruangan. Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk mengontrol pertumbuhan Bambu. Sebagai contoh, Anda bisa mengikat batang pohonnya dengan pengikat atau dengan membentuk lekuk batang pohonnya menyerupai bonsai agar nampak menarik.

Anggrek

Ada banyak pilihan warna bunga anggrek, namun warna putih menjadi yang paling populer dipilih.

Bunga anggrek merupakan jenis bunga dengan spesies lebih dari 20.000 varietas. Mereka tumbuh dengan sehat di suhu hangat dan lembab dan sangat cantik jika digunakan sebagai penghias ruangan.

Tak heran jika jenis tanaman ini menjadi pilihan yang paling populer untuk menghias sejumlah kamar mandi di pusat perbelanjaan dan perkantoran. Ada banyak pilihan warna bunga anggrek, namun warna putih menjadi yang paling populer dipilih.

Lidah Mertua

Lidah mertua sering diletakkan di pojok ruangan dan berfungsi untuk memurnikan udara.

Tanaman pot dengan batang daun berwarna hijau gelap ini juga dikenal dengan nama tanaman ular. Tanaman pot ini tidak membutuhkan banyak cahaya dan air untuk bertahan hidup. Lidah mertua sering diletakkan di pojok ruangan dan berfungsi untuk memurnikan udara. Perawatannya yang mudah membuatnya cocok diletakkan di dalam atau luar ruangan.

Spider plant

Spider plant populer dipilih untuk di rawat di dalam rumah karena perawatannya yang mudah dan berfungsi menyerap racun di dalam ruangan.

Spider plant merupakan nama yang banyak digunakan untuk beberapa jenis tanaman. Namun spider plant yang dimaksud disini ialah Chlorophytum comosum. Tanaman ini tergolong dalam air place plant atau bisa hidup dengan media udara dan bisa berusia lebih dari dua tahun.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai 60 cm dan memiliki daun yang sempit. Spider plant populer dipilih untuk di rawat di dalam rumah karena perawatannya yang mudah dan berfungsi menyerap racun di dalam ruangan.

Ingin punya kamar mandi dengan dekorasi tanaman pot seperti di atas? Simak dulu pilihan rumahnya di sini.

Foto: Homedit, Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.