Sukses


Tips Mendekor Rumah Tanpa Bikin Kantong Bolong

Dibanding membeli barang baru, Anda bisa memanfaatkan barang yang sudah ada untuk dekorasi.

Liputan6.com, Jakarta Mendekorasi rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tak heran jika banyak orang malas untuk melakukan perubahan pada huniannya.

Padahal kita bisa saja mengakali dengan membuat dekorasi yang hemat biaya. Ada banyak trik bisa Anda lakukan untuk menciptakan dekorasi hunian yang apik dengan biaya minim.

Langkah awal Anda harus memulai dengan perencanaan pembiayaan yang matang sehingga dana tidak lari ke pos-pos lain. Artinya, kunci utama, Anda harus mampu menahan diri untuk membeli perabot atau ornamen dekorasi yang mahal.

Dinukil dari Rumah.com, berikut ini beberapa trik yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat dekorasi baru dengan biaya terbatas.

Gunakan Barang yang sudah Ada

Dibanding membeli barang baru, Anda bisa memanfaatkan barang yang sudah ada untuk dekorasi. Anda bisa memperbaiki barang lama yang sudah rusak.

Barang yang sudah usang bukan berarti tidak bisa membuat suasana berbeda. Justru hadirnya barang lama bisa membuat suasana berbeda, misalnya radio kuno membuat suasana rumah lebih vintage. Selain itu, suasana berbeda bisa hadir dari berbagai hal-hal pendukung lainnya.

(Simak juga: Tips Mengecat Furnitur Lama untuk Tampilan Lebih Segar)

Pilih perabot yang tepat

Pilih perabot yang tepat untuk mendekorasi ruang. Anda bisa memilih desain perabot bergaya klasik agar tak rentan dimakan zaman sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan dapat sesuai dengan tema ruang apapun.

Dengan begitu Anda tak perlu repot lagi jika sewaktu-waktu ingin mengubah tema ruang kembali.

Perabot tanpa vernis

Perabot yang telah divernis biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Mulai sekarang Anda coba deh membeli perabot yang belum divernis untuk menghemat biaya.

Nantinya Anda dapat mengecat perabot tersebut sendiri. Anda memang akan keluar biaya lagi untuk membeli cat. Tetapi dijamin akan lebih murah disbanding membeli perabot full vernis. Membeli barang yang belum divernis sekaligus memudahkan Anda memeriksa cacat barang tersebut.

Belanja Barang Bekas

Jangan ragu untuk membeli barang bekas di toko loak. Terkadang banyak ‘harta karun’ tertimbun di dalamnya. Membeli barang bekas akan menekan biaya pengeluaran.

Langkah ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin menciptakan ruang dengan tema vintage. Karena umumnya, barang-barang yang dijual di toko barang bekas memiliki ciri antik, kuno, dan jadul.

(Simak juga: Tips Berburu Barang Bekas di Pasar Loak)

Main warna

Tak harus mengganti barang lama dengan barang baru, menciptakan dekorasi bisa Anda lakukan dengan memainkan warna. Modalnya cukup cat.

Pilih warna-warna yang sesuai selera Anda. Cat furnitur-furnitur lama dengan warna-warna yang lebih terang dan berani untuk memberikan dekorasi ruang yang lebih berbeda.

Untuk lebih berhemat, Anda bisa mengerjakannya sendiri tanpa bantuan tukang. Mudah dan praktis, kok!

Desain minimalis

Desain minimalis membutuhkan dekorasi ruang yang lebih simple dan mudah diimplementasikan. Desain ini cenderung lebih sedikit menggunakan ornamen sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran.

Desain minimalis membuat ruang lebih rapi, modern dan terkesan urban. Cocok untuk para pekerja yang aktif dan produktif.

Menghemat pengeluaran furnitur bisa mempercepat pertambahan tabungan Anda. Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah baru, lihat puluhan pilihan rumah di bawah Rp300 Juta di sini.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini