Sukses


Untungnya Bisnis Sewa Apartemen Kos

Apartemen kos biasanya dibangun di dekat kampus dan memiiki fasilitas yang lebih menitikberatkan pada kebutuhan mahasiswa atau pelajar.

Liputan6.com, Jakarta Bila uang Anda belum mencukupi untuk membangun kos yang besar atau kontrakan, memiliki apartemen kos bisa jadi pilihan.

Apartemen kos adalah apartemen yang dibangun oleh developer di dekat kampus dan memiiki fasilitas yang lebih menitikberatkan pada kebutuhan mahasiswa atau pelajar.

Beberapa apartemen di wilayah UI Depok serta Jatinangor Sumedang banyak yang berupa apartemen kos dan dapat Anda miliki unitnya. Berikut manfaat investasi apartemen, seperti dijabarkan Rumah.com.

Lokasi strategis

Lokasi apartemen cenderung tak berjauhan dari kampus sehingga mahasiswa dapat menempuhnya dengan hanya berjalan kaki atau menggunakan kendaraan dalam waktu singkat.

Anda pun dapat langsung memasarkan apartemen ini saat kampus mengadakan open house atau menerima pendaftaran mahasiswa baru.

Fasilitas yang cukup lengkap

Enaknya apartemen ini, Anda tak lagi harus menyewa karyawan sebagai penjaga keamanan dan kebersihan. Pihak apartemen biasanya sudah memiliki karyawan yang akan melakukan kegiatan operasional seperti maintenance, kebersihan, serta keamanan.

Anda cukup membayar biaya bulanannya—biaya bulanan ini bisa Anda bebankan kepada penyewa kos.

Bantuan pemasaran

Ada beberapa developer yang tidak akan membiarkan begitu saja apartemennya kosong. Sehingga meski Anda belum mendapatkan link atau masih susah untuk memasarkan apartemen Anda, pihak developer akan membantu Anda mencari penyewa.

Dapat disewa secara bulanan dan tahunan

Lamanya durasi penyewa tergantung pada perjanjian Anda dan dia. Jika sejak awal Anda membolehkan penyewa mengontrak selama setahun, sebaiknya Anda membuat perjanjian agar tidak ada kerugian berupa barang rusak, selain itu mintalah deposit dan tentukan tanggal pembayaran bulanan.

Sementara jika penyewa mengontrak selama bulanan, mintalah dia untuk menginformasikan 1-2 bulan sebelumnya jika akan keluar, sehingga Anda bisa mencari penyewa baru.

(Simak juga: Masih Muda Jangan Foya-Foya, Agar Tua Kaya Raya)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.