Sukses


Cara Gampang Enyahkan Bau Amis di Peralatan Makan

Bau amis cenderung lebih menempel pada perkakas berbahan dasar kayu atau logam, membuat kita malas menggunakan perkakas tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Perkakas dapur seperti sodet, sendok, garpu, atau piring plastik rentan meninggalkan bau amis dan membuat permukaan perkakas berminyak, meski sudah dicuci berulang kali dengan sabun.

Bau amis cenderung lebih menempel pada perkakas berbahan dasar kayu atau logam. Ini seringkali bikin kita malas menggunakan perkakas tersebut. Untuk menghilangkan bau amis yang menempel, ada beberapa cara bisa Anda lakukan, seperti dilansir Rumah.com.

Air Garam dan Jeruk Nipis

Rebus air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan dua sendok makan garam. Setelahnya rendam perkakas yang berbau amis ke dalam air garam. Biarkan selama 10-15 menit, lalu angkat dan cuci dengan sabun hingga bersih.

Bila bau masih tercium, masukkan perasan jeruk lemon ke dalam air rebusan, lalu rendam kembali perkakas Anda selama 5-10 menit. Setelahnya, cuci peralatan tersebut dengan menggunakan sabun seperti biasanya.

Arang atau Abu

Anda juga bisa menggunakan arang atau abu gosok. Ini merupakan cara tradisional. Anda hanya tinggal menyiapkan bubuk arang atau abu gosok secukupnya.

Campurkan bubuk arang/abu gosok dengan sedikit air. Bersihkan perkakas dengan bubuk arang/abu gosok tersebut. Anda bisa menggunakan sabut cuci piring untuk menggosoknya.

Setelah itu, bilas perkakas dengan menggunakan air bersih. Terakhir, cuci perkakas dengan menggunakan sabun seperti biasanya, dan bilas sekali lagi dengan air bersih. Selain menghilangkan bau amis, cara ini dapat membuat peralatan makan lebih kinclong.

Daun Kemangi

Cara lain, Anda bisa memanfaatkan bahan yang biasa digunakan untuk memasak, yaitu daun kemangi. Siapkan daun kemangi secukupnya, lalu remas-remas daun kemangi tersebut, dan campurkan ke dalam air bersih yang telah disiapkan.

Bersihkan perkakas dengan cara menggosoknya menggunakan campuran daun kemangi. Setelah bersih cuci seperti biasanya menggunakan sabun dan bilas dengan air bersih.

Jika bau amis pada perkakas belum hilang, Anda bisa merendam perkakas ke dalam sisa air kemangi selama kurang lebih 10-25 menit. Anda bisa menambahkan air panas ke dalam air rendaman. Selanjutnya, bilas peralatan makan tersebut dengan menggunakan air bersih.

(Simak juga: 4 Cara Gampang Hilangkan Bau Kulkas)

Foto: Stocksnap

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini