Sukses


PUPR Gencarkan Sistem Informasi Seputar Perumahan Rakyat

Kehadiran sistem informasi perumahan diharapkan mempermudah masyarakat maupun pemerintah daerah untuk mengakses berbagai program pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR telah menyiapkan sistem informasi perumahan terkait usulan bantuan di sektor perumahan.

Kehadiran sistem informasi bidang perumahan tersebut diharapkan akan mempermudah masyarakat maupun pemerintah daerah untuk mengakses berbagai program perumahan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Berbagai sistem informasi perumahan yang dikembangkan oleh Ditjen Penyediaan Perumahan sudah cukup baik. Tapi sistem tersebut ke depan harus bisa mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi yang riil tentang hasil pembangunan perumahan yang ada saat ini,” ujar Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti seperti dikutip Rumah.com.

Contohnya dengan menampilkan beberapa sistem informasi seperti Sistem Informasi Usulan Bantuan Program Perumahan (SIBARU), Sistem Pendataan Rumah Swadaya di www.datartlh.perumahan.pu.go.id yang merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pendataan rumah tidak layak huni, e-housing sebagai pusat data informasi perumahan, serta www.sejutarumah.id yang merupakan salah satu portal informasi rumah bersubsidi dari pemerintah.

Anita mengungkapkan, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembangunan infrastruktur maupun perumahan rakyat, harus dapat mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi dengan cepat.

(Simak: Infografis – Tips Mendapat Rumah Subsidi)

Selain itu, TIK juga berfungsi sebagai sarana mendekatkan kementerian PUPR dengan masyarakat dan Pemda, sehingga informasi yang ditampilkan harus jelas dan menunjukkan bahwa pemerintah bekerja sebagai pelayan masyarakat.

Terkait TIK bidang perumahan, ia berharap agar sistem yang ada turut digandeng para pengembang perumahan sehingga mereka bisa berpartisipasi secara aktif memberikan informasi rumah yang mereka bangun khususnya rumah bersubsidi dalam Program Satu Juta Rumah.

Dengan demikian masyarakat akan sangat terbantu untuk mencari dimana saja lokasi rumah bersubsidi, harga jualnya, lokasi rumahnya, serta kontak pengembang yang membangun perumahan tersebut.

“Yang penting dengan sistem yang akan terus dikembangkan ini, masyarakat di manapun berada bisa dengan mudah mencari rumah-rumah bersubsidi yang dibangun oleh para pengembang perumahan.”

“Lokasinya dimana, harganya berapa, berapa unit yang dibangun dan siapa kontak pengembangnya itu yang harus ditindaklanjuti,” harapnya.

Sementara itu, menurut salah satu pengunjung stan Ditjen Penyediaan Perumahan Sri menuturkan, dirinya sangat terbantu dengan sistem informasi terkait program perumahan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah.

Sebab saat ini masih banyak orang yang belum tahu pasti bagaimana cara mengakses lokasi perumahan bersubsidi dengan dimana saja pembangunan perumahan yang dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah.

“Semoga dengan TIK ini akan semakin banyak orang yang terbantu untuk mencari rumah – rumah bersubsidi dari pemerintah,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini