Sukses


Siasat Menabung DP Rumah Lewat Reksadana Pendapatan Tetap

Ada banyak jenis bagi Anda yang tertarik melipatgandakan uangnya lewat reksadana. Namun yang cukup minim risikonya adalah...

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang mendambakan tinggal di lokasi strategis apalagi berada di tengah kota. Sayangnya keterbatasan kemampuan finansial membuat impian tersebut harus sedikit diredam.

Berdasarkan kanal perumahan baru Rumah.com, harga rumah baru dengan luas bangunan >70M2 di area Tangerang Selatan rata-rata dibandrol diatas Rp1 Miliar. Sedangkan di wilayah Jakarta Selatan atau tepatnya di Jagakarsa, harga terendah untuk rumah tipe tersebut berkisar Rp1,5 Miliar.

Maka kalau diperhitungkan, total uang muka yang perlu dipersiapkan sekitar Rp150 juta. Angka itu diasumsikan apabila harga rumahnya Rp1 miliar. Baca juga: Panduan Lengkap Beli Rumah Pertama

Banyak strategi yang bisa diadaptasi untuk tujuan mengumpulkan uang muka rumah. Salah satunya dengan berinvestasi melalui aplikasi Ajaib.

Ajaib sebagai aplikasi smart online investment memungkinkan orang berinvestasi dengan percaya diri melalui portofolio yang terdiversifikasi. Misi Ajaib adalah membuka akses selebar-lebarnya ke investasi yang lebih dipersonalisasi lagi bagi masyarakat Indonesia. Mengingat hanya 0,4% dari penduduk Indonesia yang sudah berinvestasi.

Ajaib adalah startup yang berbasis di Jakarta, dengan pendanaan 2,1 juta dolar (USD) dari Y Combinator, SoftBank Ventures dan mantan partner Sequoia. Perusahaan yang lahir dari inkubator startup Y Combinator (YC) ini resmi luncur pada awal Januari 2019.

CEO dan co-founder Ajaib, Anderson Sumarli mengatakan, “Saya adalah salah satu dari orang-orang yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki waktu untuk mengikuti perubahan pasar. Hal ini dialami juga oleh teman-teman saya, sehingga Ajaib adalah solusi bagi kita semua.”

Ajaib memberikan saran dan memungkinkan orang berinvestasi menggunakan aplikasi mobil dalam 4 langkah mudah. Diantaranya beberapa pertanyaan untuk mendapatkan profil investor berdasarkan data algoritma dan saran para ahli, pportofolio pribadi berdasarkan profil pengguna.

Ajaib pun menerapkan teori Mean Variance Optimization yang mendapatkan Nobel Prize untuk membantu opsi penggunanya.

Untuk membuat akun, diperlukan waktu hanya 1 menit tanpa dokumen fisik, dan penggunanya sudah bisa memantau investasi secara otomatis.

(Hitung seberapa besar kemampuan Anda dalam mencicil rumah dengan Kalkulator Keterjangkauan di Rumah.com)

“Keunggulan dari Ajaib adalah kami menggabungkan teknologi dan keahlian manusia,” imbuh Anderson yang merupakan mantan konsultan Boston Consulting Group (BCG) sekaligus mantan ahli data di IBM.

Ajaib tidak mengenakan biaya atas servisnya, baik untuk pembuatan akun, pembelian, penjualan, maupun biaya switching. Ajaib juga telah memiliki lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bermitra dengan sejumlah bank serta fund managers berpengalaman dalam investasi.

Ajaib memiliki ambisi untuk mencakup pasar Asia Tenggara dengan mengincar 650 juta orang, di mana masih begitu banyak masyarakat yang kekurangan akses ke layanan konvensional.

“Inklusi keuangan bukan hanya orang yang memiliki rekening bank saja. Ini meluas ke orang-orang yang memiliki investasi. Dan salah satu tujuan inklusi keuangan adalah untuk membuat orang menabung dan berinvestasi. Artinya, ada ekspansi geografis di masa depan,” kata Yada Piyajomkwan selaku Chief Marketing Officer Ajaib.

“Visi kami adalah lingkup regional. Dan kami pikir masalah ini cukup umum di seluruh wilayah. Tetapi dalam jangka pendek dan menengah, kami akan fokus pada Indonesia terlebih dahulu, ” tukas Yada yang meraih gelar MBA dari Stanford University (Fulbright Scholar) dan mantan konsultan McKinsey.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simulasi Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana, misalnya. Instrumen ini dianggap sebagai investasi menarik yang kemudian bisa dialokasikan sebagai DP rumah impian. Pasalnya, reksadana memiliki sejumlah manfaat seperti biaya rendah.

Dikarenakan reksadana merupakan kumpulan dana dari banyak pemodal dan lalu dikelola secara profesional, maka sejalan dengan besarnya kemampuan untuk melakukan investasi tersebut akan menghasilkan pula efisiensi biaya transaksi.

Biaya transaksi akan menjadi lebih rendah dibandingkan apabila investor individu melakukan transaksi sendiri di bursa.

“Salah satu kelebihan reksadana adalah terjangkau sehingga dengan dana ratusan ribu rupiah, Anda sudah dapat berinvestasi. Jangan lupa mempelajari detil skema produk investasi yang dipilih dan penting untuk diingat, bahwa masing-masing produk investasi memliki kelebihan dan kekurangan atau resiko tersendiri,” ujar Yasmeen Danu, perencana keuangan dari QM Financial.

(Eits, jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!)

Ada banyak jenis bagi Anda yang tertarik melipatgandakan uangnya lewat reksadana. Mulai dari reksadana saham, campuran, pendapatan tetap, pasar uang, serta index. Namun yang cukup minim risikonya adalah reksadana pendapatan tetap.

Untuk memudahkan Anda membayangkan keuntungan investasi dari reksadana pendapatan tetap, berikut contoh simulasinya.

Di bulan Januari 2016, Mr. A membeli reksadana pendapatan tetap di firma MDPT senilai Rp10 Juta. Nilai Aktiva Bersih (NAB) MDPT hari itu adalah Rp3.000. Jika dihitung, maka unit penyertaan yang dimiliki MR. A sebesar;

Rp10.000.000 = Rp3.333.333 unit penyertaan

(Jika Anda merupakan pembeli hunian pertama dan masih ragu dengan rumah tinggal incaran Anda, tanyakan apa saja informasi yang dibutuhkan melalui Tanya Agen)

Nah, di akhir Februari 2016, Mr. A berniat menjual kembali seluruh reksadananya. Diketahui, NAB MDPT di tanggal itu mengalami sedikit kenaikan yakni Rp3.150. Maka total investasi yang diraih Mr. A adalah;

Rp3.333.333 X Rp3.150 = Rp10.499.998

Oleh karena itu, Mr. A berhasil memperoleh keuntungan dengan perhitungan;

  • Modal awal reksadana Rp10 Juta
  • Investasi yang didapat saat menjual reksa dana Rp10.499.998
  • Total keuntungan; Rp10.499.998 – Rp10.000.000 = Rp499.998

Bayangkan, jika dalam satu bulan bisa dibukukan keuntungan Rp500 Ribu, berapa rata-rata keseluruhan keuntungan dalam dua tahun? Rp11.999.952 Juta jawabannya.

Dengan jumlah dana sebesar itu, Anda bisa saja menambal kekurangan pelunasan uang DP rumah yang berlokasi di wilayah pinggir Jakarta. Seperti DepokTangerangBekasi, maupun Bogor.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.