Sukses


Trik Membuat Rumah Mungil Terasa Nyaman

Jika modal untuk membuat rumah idaman tak cukup, jangan risau. Rumah yang kecil dan sederhana pun bisa dibuat jadi nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Rumah nyaman yang luas adalah idaman setiap orang. Selain ruang gerak bebas, pikiran pun akan terasa terbuka.

Kadang, Anda merasa rumah Anda sudah terlalu sesak dan mengidamkan rumah baru. Sayangnya, anggaran tidak mendukung keinginan tersebut. Harga properti yang terus meningkat kadang sulit dikejar.

Jika modal untuk membuat rumah idaman tersebut jauh dari cukup, jangan berkecil hati. Rumah yang kecil dan sederhana pun bisa disiasati agar tampak lebih luas. Berikut tipsnya, seperti dikutip dari Rumah.com:

Pindahkan Barang yang Tidak Perlu

Jika saat ini rumah Anda terlihat sesak dan sempit, Anda perlu merelakan beberapa barang. Pilih barang-barang yang masih berfungsi dengan baik. Jikaingin membeli barang baru, pilih barang yang simpel, tidak memiliki banyak motif, sehingga memberi kesan lapang pada ruang.

Upayakan Banyak Cahaya Masuk

Bangun rumah Anda dengan pencahayaan yang baik. Buatlah jendela besar agar cahaya dapat masuk ke rumah.

Selain memberikan kesan luas, pemandangan di luar rumah akan membuat Anda merasa tidak terkurung. Bisa jadi justru merasa rileks karena dapat menyatu dengan alam sekitar.

Untuk itu, Anda juga perlu membangun taman di depan atau di belakang rumah dengan pepohonan hijau.

Gunakan Warna-warna Terang

Untuk memaksimalkan cahaya masuk ke ruangan, Anda bisa memanfaatkan warna-warna cerah pada dinding rumah.

Anda hanya perlu menyamakan warna yang senada untuk beberapa ruangan yang tidak bersekat, misalnya menyatukan ruang keluarga dengan ruang makan.Dengan begitu kesan rumah akan lebih besar.

Menata Perabotan dan Upayakan Multifungsi

Anda perlu tahu cara menata perabotan agar nyaman dipandang. Upayakan perabotan tidak berimpitan dengan tembok, namun berada di tengah atau di sela ruangan.

Hal itu untuk menciptakan ilusi agar tampak lebih luas. Selain itu, pilih perabotan yang multifungsi, misalnya tempat tidur yang dapat menjadi lemari jika diangkat, atau meja yang bisa menyatu dengan rak buku. Sehingga dapat menghemat tempat.

Bunga yang dipadu dengan vas yang serasi bisa membuat suasana ruangan terasa lebih nyaman. Agar tak menghabiskan banyak biaya, simak juga: alternatif vas bunga meriah, murah, namun tetap indah.

Permainan Cermin

Letakkan cermin besar di dalam ruangan. Peletakan cermin bisa di salah satu dinding ruang yang panjang atau di belakang salah satu perabot.

Cermin akan membangun ilusi ruang baru dalam ruangan sehingga terkesan lebih luas. Cermin dalam ruangan juga akan memperbesar sudut pandang.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.