Sukses


5 Warna yang Membuat Ruang Kecil Terkesan Lebih Besar

Untuk menyulap ruangan sempit menjadi lebih luas dan terkesan terbuka, Anda hanya perlu memilih warna cat yang tepat. Simak penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mendambakan punya rumah yang luas. Namun sayangnya, kenyataannya seringkali berbeda. Keterbatasan lahan atau kemampuan finansial biasanya jadi kendalanya.

Kabar baiknya, pemilik rumah kecil dapat melakukan beberapa usaha untuk menyulap ruangan yang sempit menjadi lebih luas dan terkesan terbuka. Tentu saja Anda tidak perlu merobohkan dinding dan menyatukan dua ruang untuk menciptakan ruangan agar terlihat lebih besar.

Caranya, Anda hanya perlu sedikit lebih pintar dalam memilih warna cat dinding yang tepat untuk menciptakan ilusi ruang. Simak panduan yang dilansir dari Rumah.com berikut ini.

Putih

Pilih warna putih untuk ruangan atau kamar yang berukuran kecil. Dinding putih akan memantulkan cahaya dan membuat ruangan lebih cerah serta menghadirkan kesan terbuka.

Keuntungan lainnya, dinding putih membuat pemilik rumah memiliki kebebasan untuk mendekorasi dengan aksesori apapun.

Kuning

Putih bukan satu-satunya warna yang bisa memantulkan cahaya dan membuat ruangan kecil terkesan lebih besar. Dinding kuning juga dapat memiliki efek yang sama, asalkan Anda memilih kuning muda atau kuning pucat seperti lemon.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk mengombinasikan dinding kuning muda dengan furnitur berwarna putih untuk menambah dimensi di ruangan yang berukuran kecil.

Biru muda dan hijau muda

Dua warna ini juga dapat memberikan kecerahan dan kesan luas ke dalam ruangan yang berukuran kecil. Biru muda mengingatkan kita dengan sesuatu yang luas dan tidak terbatas, contohnya laut dan langit. Sedangkan hijau muda memberikan kesan alami dan menenangkan.

Oleh karena itu, Anda cenderung tidak akan merasa sesak ketika berada di dalam ruangan kecil bercat biru muda ataupun hijau muda.

Abu-abu

Kalau Anda kurang menyukai dinding putih, tetapi masih menginginkan warna netral untuk ruangan kecil, pilih saja warna abu-abu muda. Warna ini memberikan kesan lembut, menenangkan, dan mengingatkan Anda dengan tempat-tempat yang teduh.

Seperti warna putih dan kuning, abu-abu juga memantulkan cahaya di sekitar ruangan dan memberikan kesan memperluas ruang. Jika ingin menambah kesan minimalis dan membuat ruangan kecil tampak selalu bersih, pilih furnitur dalam nuansa senada.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini