Sukses


7 Manfaat Menyimpan Lemon di Rumah

Lemon adalah buah yang kerap dimanfaatkan sebagai pengharum alami dan bahan pembersih paling fleksibel di rumah. Berikut 7 manfaat lainnya

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentu sudah paham bahwa lemon memiliki banyak manfaat. Selain sering digunakan sebagai bahan campuran untuk minuman dan makanan, aroma lemon juga mampu memberikan efek yang menyegarkan.

Ya, lemon adalah buah yang kerap dimanfaatkan sebagai pengharum alami dan juga bahan pembersih paling fleksibel di rumah. Dan menurut Rumah.com, berikut adalah tujuh hal yang bisa Anda lakukan dengan lemon.

Menyegarkan lemari es

Hilangkan bau tidak sedap di dalam lemari es dengan mudah. Pertama, keluarkan makanan yang berbau dan kemudian lap bagian dalam lemari esnya. Setelah itu rendam beberapa lembar kapas di dalam air lemon dan sebarkan kapas tersebut di setiap sudut lemari esnya.

Kemudian biarkan kapas berada di dalam lemari es selama beberapa jam hingga bau tak sedap menghilang.

Mencerahkan peralatan dapur

Kembalikan kilau peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel, seperti teko, panci, dan penggorengan, dengan menggunakan lemon. Potong lemon menjadi dua bagian dan gosokkan lemon pada panci. Kemudian lap dengan menggunakan kain kering.

Menyingkirkan serangga dari dapur

Peras lemon di dekat jendela dan pintu, serta di setiap lubang semut yang Anda temukan di dapur. Setelah itu, iris kulit lemon dan sebarkan di sekeliling dapur. Lemon bekerja efektif untuk menyingkirkan semut dan kecoak karena serangga-serangga ini tidak menyukai aroma lemon.

Menghilangkan noda pada pakaian

Terkadang, deodoran meninggalkan noda kuning pada bagian ketiak baju yang berwarna putih. Cukup gosokkan lemon pada bagian baju yang bernoda. Ulangi proses ini sampai noda menghilang.

Pemutih alami

Untuk membuat warna kemeja lama kembali putih dan bersih, tambahkan perasan air lemon ke dalam mesin cuci. Saat mengeluarkan kemeja dari mesin cuci, Anda akan mendapatkan baju yang berwarna lebih cerah dan berbau segar seperti lemon.

Membersihkan keran air

Keran air di wastafel mudah kotor karena bekas sabun dan pasta gigi sering menempel di sana. Singkirkan kotoran yang menempel di keran air dengan menggunakan lemon.

Peras lemon di atas kain bersih, kemudian lap keran air menggunakan kain tersebut. Setelahnya, Anda akan mendapatkan keran air yang bebas kotor.

Membersihkan peralatan berwarna perak

Gunakan air lemon sebagai cairan pembersih untuk mengembalikan kilau peralatan makan berwarna perak. Caranya, campurkan satu sendok makan air lemon ke dalam satu gelas air.

Rendam sendok dan garpu dalam campuran air dan lemon dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.