Sukses


Tips Simpan Sayuran Agar Tetap Segar

Agar sayuran tetap segar dan tahan lama, ikuti teknik menyimpan sayuran yang benar berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Sayuran merupakan bahan makanan yang kaya kandungan nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Dan karena manfaatnya tersebut, sayuran biasanya selalu hadir sebagai menu makanan sehari-hari di rumah.

Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, sebaiknya segera gunakan sayuran yang masih segar. Jika sayuran sudah layu, apalagi membusuk, tentunya sudah tidak layak lagi untuk Anda konsumsi.

Dan agar sayuran tetap segar dan tahan lama, ikuti teknik menyimpan sayuran yang benar dari Rumah.com berikut ini.

1. Sayuran yang sebaiknya disimpan di dalam kulkas

Beberapa jenis sayuran dapat tahan lebih lama bila disimpan di dalam lemari es. Termasuk di antaranya kembang kol, lobak, daun bawang, wortel, seledri, bit, brokoli, jamur dan lain-lain.

Jika suhu rumah cukup hangat, Anda dapat menyimpan sayuran seperti paprika, terong, mentimun dan zukini yang belum dipotong-potong di suhu ruang. Khusus untuk kentang dan bawang, simpan di tempat yang sejuk sekaligus kering di luar kulkas.

2. Gunakan rak terpisah

Jika memungkinkan, gunakan rak terpisah di dalam kulkas untuk menyimpan buah-buahan dan sayuran.

Meskipun dalam keadaan dingin, buah dapat mengeluarkan gas etilen yang dapat memperpendek umur sayuran (dan juga buah-buahan lain yang diletakkan berdekatan) sehingga pembusukan akan terjadi lebih cepat.

3. Pisahkan kentang dengan bawang

Kentang hanya cocok bila dimasak dengan bawang, bukan untuk disimpan secara bersamaan. Bawang memiliki zat yang lembab sehingga memicu kentang untuk mengeluarkan akarnya. Bawang juga mengeluarkan gas yang dapat merubah rasa dari kentang.

4. Menjaga bawang bombay tetap segar

Bawang bombay memiliki kandungan gula yang dapat merusak permukaannya sendiri bila disimpan secara bersamaan. Solusinya adalah, simpan bawang bombay di tempat yang terpisah.

Misal membungkusnya masing-masing dengan plastik atau sepasang kaos kaki yang sudah tidak digunakan.

5. Agar daun seledri tahan lebih lama

Sebelum menyimpan daun seledri di dalam kulkas, bungkus terlebih dulu menggunakan alumunium foil. Cara ini akan membuat batang seledri tetap renyah selama beberapa minggu. Bila Anda hanya menyimpannya di dalam plastik, daun seledri akan lebih cepat layu dan membusuk.

6. Potong bagian ujung sayuran

Jika Anda membeli sayuran yang memiliki daun di bagian ujungnya seperti wortel atau bit, potong bagian hijau tersebut sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Daun-daun itu akan mengambil kelembaban akar dari sayuran-sayuran tersebut yang akan mengakibatkan sayur menjadi lebih cepat kering dan rusak.

7. Simpan mentimun di bagian hangat kulkas

Tahukah Anda bahwa mentimun sebaiknya disimpan di suhu yang tidak terlalu dingin. Bila mentimun disimpan di bagian kulkas yang terlalu dingin, mereka akan lebih cepat membusuk, begitupun juga apabila disimpan di suhu ruang terlalu lama.

Letakkan mentimun di bagian terhangat di kulkas, yang biasanya adalah bagian rak sayuran.

Foto: Pixabay

lemari es

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.