Sukses


Panduan Menata Meja Makan dengan Centerpiece

Bila Anda merasa tidak ahli dalam menghias meja makan, gunakan saja centerpiece sehingga maka meja makan yang tadinya biasa jadi istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Mengadakan sebuah jamuan makan merupakan salah satu cara untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga, teman, dan juga tetangga. Namun dalam sebuah jamuan makan, hal lain yang tak kalah pentingnya dari menyiapkan makanannya adalah keindahan dari tatanan meja makan itu sendiri.

Jangan khawatir bila Anda merasa tidak ahli dalam menghias meja makan. Dengan menambahkan sebuah centerpiece maka meja makan yang tadinya terlihat biasa-biasa saja pun bisa jadi istimewa. Hanya saja perlu diperhatikan cara meletakannya agar seleras dengan bentuk desain meja.

Untuk meja makan bentuk bundar, sebuah centerpiece idealnya diletakkan di tengah meja, sedangkan pada meja panjang centerpiece bisa diatur berulang mengikuti arah garis rangkaian yang serasi sesuai panjang meja.

Perhatikan juga pencahayaannya agar centerpiece dapat terlihat benar-benar cantik. Untuk itu simak tips dari Rumah.com berikut ini:

1. Membuat centerpiece dari bunga

Pada umumnya, orang-orang menggunakan rangkaian bunga sebagai sebuah centerpiece di meja makan. Pilih bunga yang segar dan beraroma tidak tajam agar tidak menggangu tamu yang hadir.

Jika Anda ingin menggunakan bunga buatan atau bunga artifisial, pilih yang memiliki kualitas bagus dan mudah dicuci. Jangan takut bereksperimen dengan keragaman bunga baik dari jenis, warna, maupun cara merangkainya.

2. Membuat centerpiece dari buah

Perhatikan bila menggunakan daun buatan, pastikan daunnya sudah bersih dari debu atau kotoran lain.

Jika ingin menggunakan buah sebagai hiasan meja makan, pilihlah yang segar dengan warna yang menarik. Buah artifisial atau buatan bisa menjadi pilihan namun letakkan di meja dekor lain karena bila diletakkan di meja makan bisa jadi malah akan menyesatkan tamu yang mengiranya buah asli.

Tambahkan juga dedaunan untuk memberikan efek kebun yang indah. Perhatikan bila menggunakan daun buatan, pastikan daunnya sudah bersih dari debu atau kotoran lain.

3. Membuat centerpiece dari bahan-bahan lain

Anda juga bisa berkreasi menggunakan mainan anak seperti lego yang disusun di dalam wadah bening dan diletakkan di tengah meja.

Jangan terpaku kepada bunga atau buah ketika Anda berencana untuk membuat sebuah rangkaian centerpiece. Buatlah tema pada acara jamuan makan Anda dan sesuaikan ide centerpiece dengan tema tersebut.

Misal, Anda bisa membuat sebuah centerpiece dengan menyusun beberapa lilin di meja. Jika acara jamuan makan bertemakan ulang tahun anak, Anda juga bisa berkreasi menggunakan mainan anak seperti lego yang disusun di dalam wadah bening dan diletakkan di tengah meja.

4. Pilah-pilih vas

Tentukan dahulu model meja makan yang akan digunakan agar memudahkan Anda memilih jenis vas yang sesuai. Centerpiece yang baik adalah yang seimbang antara besar, tinggi, dan dapat membangun suasana yang diinginkan.

5. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan

Ketika menata centerpiece, pastikan rangkaiannya tidak lebih tinggi dari pandangan mata tamu yang duduk di meja makan tersebut agar pandangan mereka tidak terhalang saat bercakap-cakap.

Pastikan juga agar ukurannya tidak terlalu besar, apalagi jika sampai menempel ke wadah makanan atau malah mengganggu ruang gerak tamu. Ingat, rangkaian centerpiece tersebut juga harus bersih karena letaknya berdekatan dengan makanan.

Foto: Pixabay, Coupons.com

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.