Sukses


Trik Praktis Bersihkan Beragam Peralatan Dapur

Membersihkan peralatan dapur memang butuh usaha yang sedikit lebih keras. Minyak bekas masak kerap membandel.

Liputan6.com, Jakarta Dibandingkan alat rumah tangga lainnya, membersihkan peralatan dapur memang butuh usaha yang sedikit lebih keras. Pasalnya, peralatan dapur acapkali berminyak atau terdapat noda makanan yang susah hilang.

Hey, tapi bukan berarti peralatan dapur dan peralatan makan tak bisa tampil bersih, bebas noda, bahkan kinclong seperti masih baru. Dan berikut adalah cara mudah untuk membersihkan peralatan tersebut berdasarkan bahan materialnya.

Aluminium

Panci atau wajan yang terbuat dari aluminium sebenarnya paling mudah dibersihkan. Anda cukup menggunakan sabun cuci piring cair seperti biasa untuk membasuh noda di bagian luar dan dalamnya.

Untuk mencegah goresan pada tubuh panci, sebaiknya gunakan spons yang halus. Jika masih terdapat sisa makanan, didihkan air yang sudah dicampur dua sendok makan cuka lalu gunakan air tersebut untuk mencuci pancinya.

Sekadar saran, sebaiknya jangan memasak makanan yang asam—misalnya sayur asam atau garang asam—dengan panci aluminium. Makanan asam dan asin cenderung menyerap aluminium lebih banyak.

Stainless steel

Inilah peralatan dapur yang paling sering digunakan. Sebaiknya pilih alat dapur stainless steel berkualitas baik, karena barang yang murah cenderung mengandung krom dan nikel lebih banyak—keduanya mudah terserap ke dalam makanan.

Untuk membersihkan stainless steel yang berminyak cukup dengan menambahkan air ke dalam panci stainless lalu didihkan. Bersihkan seluruh panci dengan air panas tersebut.

Antilengket

Jangan mencuci peralatan memasak antilengket dengan menekannya terlalu kuat. Meski sponsnya lembut, gesekan yang keras dan kasar akan merusak lapisannya. Jika lapisannya rusak, panci antilengket malah bersifat karsinogenik dan membuat makanan yang dimasak di atasnya menjadi sangat lengket.

Bila memang ada sisa minyak, siramkan air hangat ke permukaan wajan atau panci beberapa kali atau rendam alat memasak dengan air hangat selama 5 menit hingga lemaknya berkurang. Siram dengan air jeruk nipis lalu cucilah seperti biasa.

Melamin dan plastik

Sisi buruknya peralatan makan dan memasak berbahan dasar melamin dan plastik adalah susah membersihkannya dari noda makanan. Biasanya lemak masih terus menempel walau Anda sudah mencucinya beberapa kali.

Solusinya, rendam alat makan dengan air hangat selama 10-15 menit, lalu tambahkan baking soda saat akan mencucinya dengan sabun cuci piring. Bilas kembali dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.