Sukses


Tips untuk Berbagi Kamar Kos

Berbagi Kamar Kos akan menghemat pengeluaran. Tetapi konsekuensinya, privasi juga terpangkas.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda harus merantau ke kota lain untuk bekerja atau melanjutkan kuliah, tinggal di kos atau rumah kontrakan tentunya akan menjadi pilihan.

Agar biaya kontrak dapat dihemat—terutama jika Anda tinggal di luar negeri—Anda pun memilih tinggal serumah dengan sahabat Anda. Walau Anda hanya tinggal berdua, bukan tak mungkin suatu saat Anda berselisih dan membutuhkan waktu untuk menyendiri.

Untuk menangani hal itu, yuk, lakukan tips berikut saat Anda memutuskan akan memiliki roommate. 

Buat pembatas

Anda tetap butuh privacy, jadi buatlah batas antara Anda dengan sahabat meski Anda sangat dekat. Misal, Anda dan teman tidak boleh membuka lemari pribadi kecuali sudah meminta izin sebelumnya.

Akan lebih baik jika Anda tidak mengizinkan teman memasuki kamar Anda kecuali Anda ada di rumah. Lalu—selain kamar—buatlah ruang kerja untuk masing-masing. Tak perlu heboh, cukup siapkan meja sebagai sudut kerja Anda.

Beri label untuk setiap barang

Bukannya pelit, tapi menempelkan nama pada setiap barang Anda yang ada di rumah kontrakan—termasuk makanan—sebenarnya berguna untuk memudahkan Anda saat memilah barang. Anda, kan, tak selamanya tinggal di rumah tersebut, suatu saat Anda akan pindah atau tinggal kembali ke rumah orangtua.

Jadi melabelkan barang-barang Anda akan berguna untuk menentukan berapa banyaknya jumlah barang yang akan Anda bawa kembali nantinya.

Dekor setiap ruangan

Dekorasilah setiap ruangan secara bersama. Tentukan barang apa yang Anda inginkan ada di ruangan tersebut, begitu juga dengan teman kos Anda.

Jangan lewatkan satu ruangan pun. Misal, di ruang tengah Anda meletakkan bantal-bantal, sedangkan teman Anda yang menyumbang karpetnya. Lalu, di teras, Andalah yang menyiapkan dua buah kursi santai, sedangkan teman Anda yang menyumbangkan tanaman gantungnya.

Hindari barang yang terlalu besar

Walaupun memiliki sofa besar itu godaan, tapi sebaiknya ingatkan diri sendiri jika suatu saat Anda dan teman akan pindah, sehingga tak mungkin jika barang besar tersebut Anda bawa.

Daripada menggunakan sofa, lebih baik gunakan saja karpet yang agak tebal dan ditambah bantal untuk diletakkan di ruang tengah, kan—apalagi Anda lebih sering menonton di kamar. Lalu, gunakan kulkas kecil seperti di hotel, dibandingkan membeli kulkas dua pintu—toh, Anda lebih sering makan di luar.

Waktu berdua

Saking seringnya Anda bertemu teman kos, Anda pun tak pernah melewatkan waktu luang bersamanya. Coba lakukan kegiatan seru berdua di rumah, misalnya memasak bersama lalu nonton film.

Hal ini berguna untuk mengakrabkan Anda. Lalu, pilih satu hari di akhir pekan setiap bulan untuk belanja kebutuhan rumah bersama, seperti membeli perlengkapan kebersihan, pupuk untuk tanaman, dan me-laundry karpet serta perabotan lainnya yang berbahan kain.

Foto: hercampus.com

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini