Sukses


Cara Ampuh Atasi Rasa Malas di Rumah

Sebenarnya ada beberapa barang dan kondisi yang memang dapat memicu rasa lelah Anda.

Liputan6.com, Jakarta “Ah, mager (malas gerak).” Mungkin kalimat itulah yang selalu Anda ucapkan begitu sampai di rumah. Jadi jangankan untuk memasak atau membereskan kamar, beranjak dari sofa Anda saja rasanya berat. Tubuh pun seolah letih luar biasa.

Sebenarnya penyebab rasa lelah yang Anda rasakan ketika berada di rumah bukan karena pekerjaan kantor yang seakan tak ada habisnya, melainkan ada beberapa barang dan kondisi yang memang dapat memicu rasa lelah Anda.

Ya, sejumlah barang dan kondisi memang bisa jadi pemicu timbulnya rasa lelah ketika Anda berada di rumah. Contohnya seperti hal-hal berikut.

Dinding berwarna biru

Dalam studi yang dilakukan Travelodge terhadap 2 ribu rumah, ditemukann bahwa menatap dinding berwarna biru dapat menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan memicu rasa kantuk.

Tak heran jika warna biru cocok digunakan sebagai warna dinding kamar, tapi tidak cocok untuk warna dinding ruangan, terutama ruang tengah dan ruang makan. Saat berada di ruang tengah berdinding biru, Anda hanya ingin segera masuk ke kamar dan tidur tanpa melakukan hal lain.

TV

Anda tentu tahu jika TV memancarkan sinar biru yang sepertinya lembut tapi justru meningkatkan produksi melatonin—reaksi kimia di dalam otak yang malah membuat Anda merasa lelah dan tak bertenaga sehingga bikin Anda ingin segera merebahkan diri.

Masalahnya sinar biru ini juga agak menyilaukan mata, sehingga Anda tak bisa tidur lelap sepenuhnya. Sebaiknya jangan meletakkan TV di kamar tidur.

Aroma lavender

Pengharum ruangan beraroma lavender memang menenangkan. Tapi penelitian dari Wesleyan University, AS, lavender sebaiknya digunakan hanya saat malam hari menjelang tidur. Pasalnya saat Anda menghirup aroma ini di pagi atau siang hari, mood Anda menjadi kurang maksimal.

Aroma lavender memaksa otak Anda untuk berpikir bahwa Anda sudah cukup lelah karena beraktivitas sehingga mendorong tubuh untuk beristirahat.

Junk food

Sesibuk-sibuknya Anda, sebaiknya jangan terlalu sering menyantap makanan cepat saji sebagai hidangan malam setelah pulang kerja. Hidangan cepat saji ini bukan hanya burger atau ayam goreng, tapi juga berupa keripik kentang dengan MSG dan nasi goreng pinggir jalan.

Makanan tersebut sangat tinggi lemak tak jenuhnya dan tinggi pula kadar gulanya. Kondisi ini akan meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga membuat Anda merasa cepat lelah dan mengantuk.

Kurangnya sinar matahari

Meski matahari tengah bersinar terik, tetap buka jendela Anda dan biarkan sinarnya menyinari seluruh ruangan di rumah Anda. Sinar matahari akan membuat ruangan menjadi hangat dan terang.

Kondisi seperti inilah yang membuat Anda lebih terjaga. Sementara ruangan yang gelap dan terlalu sejuk justru membuat Anda malas untuk beraktivitas.

Banyak debu

Menurut studi Princeton University Neuroscience Institute, kondisi ruangan yang berantakan dan berdebu—hingga aroma debunya saja dapat Anda hirup—akan meningkatkan risiko timbulnya stres.

Jadi jangan heran jika setiap kali menatap meja kerja dan ruangan rumah yang tidak rapi akan membuat Anda semakin pusing dan kelelahan.

Foto: Stocksnap.io

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini