Sukses


Batu Sandungan bagi Pembeli Rumah Pertama

Bagi banyak orang, membeli rumah ibarat mimpi yang tak terbeli akibat uang yang dimiliki tak pernah mampu mengejar laju harganya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tak ingin punya rumah? Semua orang pasti ingin. Masalahnya, semua orang juga tahu bahwa harga rumah tidaklah murah. Bahkan bagi banyak orang, membeli rumah ibarat mimpi yang tak terbeli akibat uang yang dimiliki tak pernah mampu mengejar laju harganya.

Saran kami, jangan pernah berhenti memperjuangkan mimpi – terutama bagi Anda sebagai seorang calon pembeli pemula.

Salah satunya dengan mengetahui hambatan-hambatan yang mungkin bisa jadi batu sandungan untuk memiliki rumah pertama Anda, seperti yang dijabarkan oleh Eko Endarto, RFA., seorang Perencana Keuangan dari Finansia Consulting.

Gaji yang terbatas

First time buyer atau pembeli pemula biasanya adalah fresh graduate yang baru bekerja sehingga kemampuan finansialnya belum terlalu kuat. Secara angsuran mereka mungkin mampu membayar, tapi untuk uang muka, bisa jadi belum sanggup.

Wajar saja, sejumlah pekerjaan yang menawarkan gaji tertinggi bagi para fresh graduate yang dirangkum Jobplanet – sebuah platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja – hanya berada dikisaran angka Rp 4 jutaan saja.

Kepercayaan bank

Bukan menakut-nakuti, pengajuan KPR memang bukanlah perkara yang mudah. Poin penting yang harus Anda miliki adalah adanya kepercayaan bank terhadap kemampuan finansial Anda. Dan bank tentunya tidak sembarang menyetujui pengajuan KPR, terutama bagi Anda yang baru saja bekerja.

Sikap konsumtif

Poin ini mungkin terkesan sepele, tapi sikap konsumtif acapkali menjadi batu sandungan bagi banyak orang untuk membeli rumah. Alih-alih menabung untuk uang muka, yang ada malah terjerat hutang kartu kredit akibat pola hidup yang kelewat konsumtif.

Untungnya kini Pemerintah mengeluarkan kebijakan uang muka sepuluh persen sehingga tidak terlalu memberatkan dibanding regulasi sebelumnya. Jadi dana untuk uang muka mungkin bisa Anda pinjam dari orangtua.

Sebagai contoh Perumahan Baru Coco Garden Residence bisa jadi pilihan karena tengah promo DP Rp 5 jutaan, free biaya-biaya, dengan angsuran mulai dari Rp 1 jutaan.

Tapi tidak disarankan jika Anda mengajukan pinjaman untuk uang muka lewat bank juga. Terlalu riskan. Ingat, komposisi total utang tidak boleh lebih dari 30 persen dari total penghasilan Anda.

Lagipula bagaimana mungkin Anda sanggup membayar angsuran rumah sambil mencicil utang uang muka?

Dan langkah terbaik untuk mendapatkan uang muka sebaiknya dengan menyisihkan penghasilan Anda. Caranya, investasikan sepuluh persen rutin dari gaji Anda ke rekening tabungan yang terpisah dengan rekening yang biasanya Anda gunakan.

Membeli emas atau mendepositokan uang Anda juga bisa jadi opsi untuk mendapatkan uang muka. Ini jelas lebih baik ketimbang menghambur-hamburkan uang Anda untuk membeli setiap ada gadget keluaran terbaru atau sekedar memuaskan gaya hidup.

Resolusi lainnya, bisa Anda lihat pada Catat 5 Syarat Mewujudkan Resolusi Anda untuk Memiliki Rumah.

Ingat, rumah adalah aset yang nilainya terus bertumbuh sehingga tidak ada ruginya jika Anda membeli rumah. Jadi, bulatkan tekad Anda demi mewujudkan impian untuk membeli rumah pertama Anda.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Wahyu Ardiyanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini