Sukses


Jangan Lupa, Ganti Peralatan Kebersihan Rumah Ini Secara Berkala!

Beberapa peralatan di rumah memiliki umur penggunaan, agar rumah Anda benar-benar selalu bersih maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin rutin mengganti sikat gigi, membersihkan kulkas, membersihkan kompor, serta mengganti peralatan memasak yang sudah usang. Tapi, apakah Anda juga memerhatikan kondisi alat pembersih di rumah Anda?

Beberapa peralatan di rumah memiliki umur penggunaan, agar rumah Anda benar-benar selalu bersih maksimal. Memang, beberapa peralatan terlihat seperti masih bisa digunakan, namun sebenarnya sudah tidak efektif lagi.

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang perlu diganti secara berkala di rumah.

Kain pel

Berapa lama Anda menggunakan kain pel? Belum diganti meski sudah satu tahun karena belum terlihat dekil? Padahal kain pel sebaiknya diganti setelah digunakan 4-5 bulan—itu pun jika Anda selalu mencuci kain pel setelah digunakan.

Jika tidak, Anda harus menggantinya setelah 2-3 bulan. Pasalnya, kain pel menyimpan banyak bakteri dan Anda pasti menyimpannya saat kondisinya masih lembap sehingga memicu timbulnya jamur. Ganti kain pel secara rutin tanpa harus mengganti gagangnya.

Sapu

Sapu ijuk biasanya baru diganti setelah beberapa bagian ijuknya mulai rusak, lepas, atau bengkok gagangnya. Sama seperti kain pel, Anda memang bisa menggunakannya hingga beberapa tahun, tapi tentu sudah tak efektif lagi. Setiap helai ijuknya tentu juga mengandung debu dan kuman.

Jadi saat menyapu, Anda sama saja dengan menyebarkan kumannya. Sapu ijuk bisa Anda gunakan maksimal 6 bulan, lewat dari itu gantilah dengan yang baru.

Keset

Seberapa sering Anda mencuci keset? Pasti bisa berbulan-bulan. Keset yang ada di teras rumah sebaiknya dicuci setiap 2 minggu sekali. Dan gantilah setelah usianya mencapai 6 bulan untuk menghindari banyaknya kuman di keset yang nantinya berisiko masuk ke dalam rumah.

Karet pembersih lantai

Bila Anda sering menggunakan karet pembersih lantai yang biasanya digunakan untuk mendorong air, sebaiknya cucilah karetnya setiap 2 minggu sekali agar tetap bersih. Rendam dengan air yang sudah ditambah karbol.

Saat karet sudah tak lagi mampu menyerap dan mendorong air—biasanya usia karet sudah lebih 7 bulan—berarti saatnya Anda mengganti karet tersebut.

Lap dapur

Jangan biasakan menyimpan lap dapur atau lap meja makan hingga sangat dekil seperti lap yang digunakan warung kaki lima. Menggunakan lap kotor sama saja dengan menempelkan kuman pada meja dan peralatan makan Anda.

Cuci lap dapur setiap minggu dan gantilah lap begitu bentuknya mulai compang-camping dan sobek. Lap yang terlalu tipis dan sobek tidak akan bisa membersihkan peralatan makan dengan sempurna.

Sarung tangan karet

Setiap kali membersihkan jendela, menyikat lantai kamar mandi, Anda pasti menggunakan sarung tangan karet untuk menghindari tangan terkena cairan pembersih. Usai digunakan sarung tangan biasanya akan lembap, sehingga akan lebih baik jika langsung Anda cuci dan jemur setelah dipakai.

Jika Anda menggunakan sarung tangan yang ketat sebaiknya hanya digunakan untuk satu kali pakai. Jika menggunakan yang berukuran longgar, Anda bisa menggunakannya hingga 1 bulan.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.