Sukses


Butuh Tempat Penyimpanan? Manfaatkan Dinding dalam Rumah

Anda bisa memanfaatkan dinding untuk sesuatu yang lebih berguna, seperti tempat penyimpanan, misalnya.

Liputan6.com, Jakarta Anda memiliki barang yang berserakan namun tidak ingin menambah lemari baru karena sisa ruang di rumah yang terbatas? Manfaatkan dinding di rumah Anda.

Menyiasati dinding yang melompong tidak hanya dengan cara menghiasnya. Anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk sesuatu yang lebih berguna, seperti tempat penyimpanan, misalnya.

Menyimpan panci dan wajan

Buat sebuah rak khusus yang dapat dikaitkan ke dinding untuk menggantungkan panci dan wajan di dapur.

Anda bisa membuatnya dengan membeli bahan-bahan di toko perkakas atau membeli yang sudah jadi di tempat penjual perabotan rumah tangga. Pasang di dekat kompor sehingga mudah mengambilnya ketika akan memasak.

Menyimpan bumbu-bumbu dapur

Ciptakan sebuah kabinet atau lemari kecil di salah satu dinding dapur untuk menyimpan berbagai keperluan masak seperti minyak atau bumbu dapur.

Anda tidak membutuhkan ruang yang banyak untuk menyimpan bumbu-bumbu tersebut. Buat di dekat kompor agar Anda dapat mengambil bumbu tersebut dengan mudah.

Membuat ruang kerja pribadi

Dengan perencanaan yang matang Anda dapat mengoptimalkan dinding di rumah untuk membuatnya menjadi sebuah ruang kerja pribadi. Gantungkan beberapa wadah di dinding untuk menaruh berbagai perlengkapan menulis serta untuk menyimpan catatan penting.

Tempat penyimpanan serbaguna di kamar mandi

 

Manfaatkan dinding di kamar mandi utama atau mungkin di dekat kolam renang sebagai area untuk menyimpan barang-barang.

Bangun beberapa rak untuk menyimpan handuk tambahan, berbagai keperluan mandi seperti sabun dan sampo, serta gantungan untuk menaruh pakaian. Tambahkan kursi kecil untuk menyimpan tas atau menaruh sandal di bagian bawah kursi.

Sebagai Kabinet Serbaguna

Bingkai jendela dengan beberapa rak dari bawah ke atas untuk membuat tempat penyimpanan yang lapang. Letakkan televisi Anda di bagian tengah dinding yang menjorok ke dalam.

Tembok di sekitar wastafel

Setiap kali Anda membangun atau merenovasi kamar mandi atau dapur, pertimbangkan untuk membuat tempat penyimpanan di bagian atas keran.

Buat sedikit lekukan ke dalam di bagian dinding kamar mandi untuk menyimpan berbagai kebutuhan mandi atau menyimpan sabun cuci piring di bagian atas wastafel dapur.

Memajang hasil karya si buah hati

Siapkan sebuah gantungan berbentuk rol yang dipasangkan di bagian atas dinding. Taruh rol ini di ruangan anak dan tambahkan kertas kosong yang menggantung.

Hal ini akan memicu anak untuk menggambar di kertas tersebut, dan tanpa disadari hasil karya anak akan menjadi sebuah pemandangan yang menyenangkan di ruang anak.

Menaruh komputer

Areal pintu masuk selain digunakan untuk menyambut tamu yang datang, juga dapat digunakan untuk menyiapkan berbagai kebutuhan setiap anggota keluarga.

Gunakan untuk menyimpan tas serta sepatu anak-anak. Tambahkan lemari meja yang menggantung di dinding untuk menaruh komputer, serta telepon dan buku telepon. Gunakan juga untuk menyimpan bon-bon atau tagihan pribadi.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini