Sukses


Ini Cara Tepat Bersihkan Barang-Barang Warna Putih

Barang berwarna putih memang membutuhkan usaha lebih untuk membersihkannya.

Liputan6.com, Jakarta Dibandingkan barang lainnya yang berbahan dasar kain, barang berwarna putih memang membutuhkan usaha lebih untuk membersihkannya.

Kesalahan dalam mencuci kain berwarna putih akan menyebabkan warnanya menjadi kusam atau berubah kuning, bahkan malah seperti barang lama. Agar kondisi itu tak terjadi pada Anda, lakukan trik yang dirangkum dari Rumah.com ini.

Pakaian putih

Penyebab pakaian putih bernoda sebenarnya bukan karena debu atau kotoran dari kuah makanan yang menempel, melainkan deodoran.

Deodoran akan meninggalkan noda si sekitar bagian ketiak sehingga membuat pakaian menjadi berkerak atau kekuningan di bagian ketiak.

Untuk membersihkannya, sebelum Anda cuci dengan mesin, rendamlah pakaian dalam air hangat yang dicampur detergen selama 30 menit.

Lalu, kucek bagian ketiaknya dengan sabun mandi hingga bersih dan bilas hingga tak ada lagi sisa sabun. Setelah itu, barulah Anda mencucinya dengan detergen biasa dan boleh juga ditambahkan pemutih.

Taplak meja

Rendam taplak meja putih dengan air yang tak terlalu dingin tapi juga bukan air hangat yang dicampur dengan detergen selama 30 menit.

Kucek sebentar dengan detergen cair hingga beberapa nodanya berkurang. Tambahkan baking soda lalu kucek kembali—baking soda akan menyerap sisa nodanya. Bilas taplak meja hingga bersih dari sabun, dan setelahnya Anda boleh mencucinya kembali dengan mesin cuci.

Seprai putih

Sebelum dicuci dengan mesin, seprai sebaiknya direndam dahulu dengan tepung kanji agar seratnya tak rusak.

Sekilas tepung kanji akan membuat seprai seakan kaku, tapi tepung ini akan mencegah seprai mudah kusut dan terlalu lemas saat digunakan. Rendam seprai dengan kanji yang dicampur dengan air dingin selama 30 menit. Lalu, bilas dengan air panas agar bakteri yang ada pada seprai mati.

Cuci kembali seprai di dalam mesin cuci dengan detergen cair agar seratnya tetap lembut. Jemur seprai di bawah sinar matahari.

Saat mencuci seprai di mesin cuci sebaiknya jangan digabungkan dengan kain atau baju lainnya meski warnanya sama-sama putih. Jika mesin cuci terlalu penuh, kemampuannya menjadi berkurang sehingga detergen tidak bisa membersihkan noda di kain dengan efektif.

Sepatu sneakers putih

Gunakan air hangat untuk mencuci sepatu agar kuman di dalam sepatu benar-benar mati. Sikat sepatu dengan sikat lembut—lebih baik gunakan sikat gigi yang bulu sikatnya halus—secara searah agar nodanya hilang.

Jangan menggunakan detergen pakaian karena dapat merusak serat sepatu, sebaiknya gunakan detergen khusus sepatu.

Setelah disikat, bilas kembali sepatu dengan air hangat lalu keringkan dengan membiarkannya kering secara alami. Masukkan lipatan handuk ke dalam sepatu agar menyerap sisa air yang ada di dalamnya.

Tas putih

Campurkan satu sendok teh pemutih, detergen, dan satu ember air hangat berukuran kecil. Celupkan kain ke dalam campuran tersebut lalu peras dan usapkan pada permukaan tas.

Jika tas Anda terbuat dari kulit asli, hindari menggosoknya terlalu keras untuk menghindari tas menjadi lecet dan rusak.

Setelah seluruh permukaannya bersih, lap kembali permukaan tas dengan kain yang direndam air hangat saja. Setelah itu keringkan dengan lap kering yang bersih.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.