Sukses


Menyiasati Ruang Sempit Saat Open House Lebaran

Apabila luas rumah memadai, tentu hal ini bukan lagi masalah untuk Anda. Namun bagaimana jika ukuran ruang di rumah terbatas?

Liputan6.com, Jakarta Momentum utama di Hari Raya Idul Fitri adalah saling berkunjung dan bermaaf-maafan atas segala khilaf dan kesalahan yang pernah dilakukan. Tidak hanya itu, menjamu tamu yang datang juga merupakan salah satu ritual saat lebaran.

Berkaitan dengan jumlah tamu yang hadir dan area yang akan digunakan untuk berkumpul, selaku tuan rumah Anda perlu menyediakan space khusus agar membuat mereka merasa nyaman.

Apabila luas rumah memadai, hal ini bukan lagi masalah untuk Anda. Namun bagaimana jika ukuran ruang keluarga maupun ruang tamu Anda sempit?

Berbicara kepada Rumah.com, Esya Roza, Arsitek dan Desain Interior desaindekor, memaparkan sejumlah trik bagi Anda yang ingin mengadakan open house namun ruang di rumah terbatas.

“Pertama, lakukan re-layout pada posisi furnitur yang ada. Tempatkan sofa dan meja lebih rapat ke salah satu sudut ruang agar ruang menjadi lebih leluasa. Rapikan teras Anda, sediakan beberapa kursi lipat dan meja kecil sebagai antisipasi jika ruang tamu sudah terlalu penuh.”

“Jika kursi yang bisa disediakan terbatas, gunakan karpet lebar sebagai alternatifnya. Tambahkan aneka bantal cantik sehingga para tamu dapat duduk lebih nyaman. Namun sebaiknya tetap sediakan kursi atau sofa di salah satu sudut ruang untuk para tamu yang sudah lebih tua,” imbuhnya.

Memanfaatkan ruang lain

Pada rumah sederhana tipe 36 atau 42, jumlah ruang lazimnya meliputi ruang keluarga yang juga bisa dialokasikan sebagai ruang tamu. Sementara peletakkan ruang makan berada dekat dengan dapur, dan sisa lahan di sisi belakang rumah merupakan taman minimalis.

“Jika ukuran ruang makan cukup luas, Anda bisa memanfaatkan ruang ini sebagai area menerima kunjungan keluarga dan kerabat. Siapkan semua peralatan dan perabotan sebelum menerima kunjungan, agar tidak merepotkan saat tamu sudah mulai berdatangan,” Esya menuturkan.

(Baca juga: Yuk, Dekorasi Rumah Bernuansa Lebaran)

Sementara itu, penempatan meja hidang di ruang makan, bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. Idealnya bila ruang makan relatif memadai, maka meja makan bisa diletakkan pada di bagian tengah ruangan.

Posisi meja makan di tengah ruang bisa menjadi centre of interest saat open house digelar. Lakukan dekorasi centrepiece di meja makan sebaik mungkin, agar tampilan ruangan menjadi hangat namun tetap sederhana dan tidak berlebihan.

“Akan tetapi bila ruang makan Anda tidak mumpuni, maka meja makan sebaiknya ditempatkan pada sudut ruang alias mendekat dengan dinding,” katanya.

Saat mengadakan open house, Anda harus bijak dalam menyortir dekorasi mana yang perlu dihadirkan dan tidak. Ini diperlukan agar suasana rumah tidak sesak dan berantakan.

“Singkirkan beberapa hiasan meja seperti vas, patung-patung dekoratif dari kayu, bola-bola kaca atau berbagai pernak-pernik yang selama ini mungkin menghiasi ruang tamu Anda. Mengingat, bisa jadi salah seorang tamu Anda adalah jagoan kecil yang sedang senang berekplorasi,” tutup Esya.

Foto utama: Pinterest

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini