Sukses


Lakukan 8 Hal ini Sebelum Libur Panjang

Meninggalkan rumah atau apartemen terlalu lama, tentunya membuat ruangan di dalamnya menjadi berdebu.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu keuntungan Anda yang sudah bekerja cukup lama adalah mendapatkan jatah cuti panjang. Biasanya, cuti panjang digunakan untuk melakukan traveling ke berbagai pelosok Tanah Air maupun mancanegara.

Di sisi lain, meninggalkan rumah atau apartemen terlalu lama—apalagi jika Anda tak memiliki asisten rumah tangga—tentunya membuat ruangan di dalamnya menjadi berdebu. Meski Anda pergi untuk liburan atau short course ke luar negeri, begitu kembali ke Tanah Air dan mendapati rumah yang kotor, rasa stres Anda bisa kembali lagi.

Untuk itu, cobalah beberapa trik yang dikutip dari Rumah.com ini sebelum cuti panjang.

Renovasi kecil

Tak perlu melakukan renovasi besar-besar, apalagi jika rumah Anda hanya ditinggal 1-3 bulan. Cukup percantik rumah agar tetap terlihat rapi sekaligus membuat kondisinya tetap awet.

Misalnya, cek kondisi atap, pastikan tak ada yang bocor—bahaya, jika mendadak hujan deras saat Anda tak ada di rumah hingga beberapa hari—perhatikan talang air dan pastikan tak ada sampah di dalamnya yang berpotensi membuat rumah bocor.

Gunakan antirayap untuk peralatan rumah berbahan kayu. Anda tentu tak mau kayu-kayu di rumah menjadi rapuh gara-gara rayap.

Pangkas tanaman

Satu-dua hari sebelum pergi, mintalah tukang kebun atau ART untuk memangkas tanaman yang ada di halaman Anda. Pastikan rumput sudah pendek, begitu pula dengan tanaman yang daunnya cepat rimbun. Jika halaman ditinggalkan begitu saja tanpa dipangkas, halaman tersebut akan menjadi rumah yang nyaman bagi hewan liar, seperti tikus, bahkan ular.

Cuci mobil Anda

Meski Anda tidak menggunakan mobil saat liburan, membiarkan mobil dan carport dalam keadaan kotor hanya akan membuat mobil cepat rusak. Kotoran pun akan menempel di badan mobil dan merusak catnya. Cuci mobil sehari sebelum pergi, vacuum jok dalamnya, copot kabel sambungan akinya, dan bersihkan carport Anda.

Kerja ekstra

Sewalah jasa kebersihan online, mintalah dia mengerjakan seluruh tugas rumah sebanyak mungkin. Bersihkan seluruh sudut rumah, lap meja, kursi, dan atas lemari, cuci semua peralatan dapur dan perabotan rumah lainnya termasuk seprai, tirai, karpet, dan sarung sofa. Bersihkan jendela, lantai, kamar mandi, serta seluruh wastafel di rumah Anda. Jemur ranjang, bantal, dan sofa Anda agar bebas kutu.

Lakukan efisiensi

Jaga kebersihan rumah agar tak lagi kotor usai dibersihkan. Atur pemakaian baju seperlunya agar Anda tak meninggalkan baju kotor terlalu banyak saat rumah ditinggal mudik. Baju kotor hanya akan membuat rumah semakin beraroma tak sedap.

Keluarkan tanaman yang biasanya Anda letakkan di dalam rumah agar tetap terkena cahaya matahari dan air hujan. Jika Anda tak ingin menaruhnya di luar rumah, tambahkan hydro gel di setiap pot tanaman.

Cek isi kulkas

Bekukan semua makanan agar Anda cukup memanaskannya saat ingin makan. Tapi, saat Anda siap berangkat, pastikan tak ada lagi makanan siap saji di dalam kulkas Anda.

Kulkas pun harus dalam keadaan bersih, karena sisa makanan yang membusuk atau menempel di bagian dalamnya akan membuat kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan itu—hal ini jelas boros listrik. Atur suhu kulkas pada suhu normal—jangan terlalu dingin—untuk mencegah bunga es berlebihan di bagian freezer.

Bungkus perabotan Anda

Untuk menghindari debu, lapisi beberapa perabotan dengan plastik atau kain besar. Pastikan peralatan rumah tangga berbahan kain, seperti karpet, seprai, dan sarung bantal ada di dalam lemari, karena mudah lembap dan berdebu jika dibiarkan di luar tempat penyimpanan.

Bersihkan rumah saat Anda kembali

Saat Anda pulang kembali, bersihkan rumah dengan menyapu dan mengepel lantainya. Jika Anda membungkus perabotan sebelum berangkat, perabotan tidak akan berdebu. Jangan menempatkan pakaian kotor ke dalam keranjang, melainkan langsung cuci atau masukkan ke laundry.

National Pest Management Association menyatakan, mayoritas penyebab penyebaran kutu kasur adalah melalui barang di hotel, jadi mungkin saja pakaian Anda juga terpapar kutu.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.