Sukses


Cara Alami Hilangkan Aroma Tak Sedap di Lemari Es

Makanan yang campur aduk tersimpan dalam lemari es bisa menimbulkan aroma yang tak sedap. Ini cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Selama Ramadhan, biasanya banyak orang menimbun berbagai makanan di lemari es sebagai persediaan untuk santap sahur. Karena jumlahnya cukup banyak, tak ayal aroma dalam lemari es bisa campur aduk.

Karena hampir semua bahan makanan perlu bisa lebih awet di dalam lemari es, tak jarang kita memasukkan semua makanan ke dalamnya. Akibatnya, aroma pun bercampur aduk dan tak sedap dicium.

Tapi Anda tidak perlu risau. Sebab, seperti dilansir dari Rumah.com, terdapat lima cara alami membersihkan dan menghilangkan aroma tak sedap dalam lemari es. Ulasannya, sebagai berikut:

Pastikan makanan tertutup rapat dalam wadah
Sebelum menggunakan bahan alami, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah memastikan makanan tertutup rapat dalam sebuah wadah. Terutama, bila Anda menyimpan makanan di freezer. Sebaiknya makanan tidak disimpan dalam kondisi terbuka.

Baking soda
Saat Anda mengeluarkan makanan dari rak lemari es, Anda bisa membersihkan setiap sisi rak dalam menggunakan baking soda dan air. Cara ini tidak hanya akan menghilangkan noda makanan tapi juga aroma tak sedap.

Selain dicampur menggunakan air, untuk menghilangkan aroma tak sedap saja, bisa dengan menggunakan baking soda saja. Caranya tuangkan baking soda dalam sebuah wadah terbuka. Kemudian, simpan di dalam lemari es, dan biarkan menyerap bau selama minimal 24 jam.

Bubuk kopi
Selain baking soda, bubuk kopi juga bisa menghilangkan bau tak sedap. Caranya, bubuk kopi ditabur rata di atas piring dan masukkan ke dalam lemari es selama 24 jam.

Setel suhu lemari es dengan tepat
Suhu lemari es ternyata sangat berpengaruh terhadap jenis makanan yang Anda simpan di dalamnya. Suhu yang terlalu rendah juga bisa membuat kualitas makanan tidak baik dan membuat tunggakan listrik Anda tinggi.

Aturan suhu umum yang bisa diterapkan bagian lemari es adalah 4-5 derajat C (37-40 derajat F). Sedangkan untuk freezer 18 - 17 derajat C.

Jenis makanan yang bisa disimpan dalam suhu lembap sedang antara lain sayuran hijau, brokoli, bunga kol, wortel. Sedangkan jenis makanan yang bisa disimpan dengan kelembapan rendah, berbagai buah seperti alpukat, jamur, labu, dan anggur.

Potongan kapas dalam vanili
Pilihan lain adalah dengan menggunakan potongan kapas yang direndam dalam cairan vanili. Caranya, rendam potongan kapas ke dalam cairan vanili, kemudian kapas tersebut bisa langsung digunakan untuk membersihkan sisi-sisi dalam lemari es.

Setelah itu, ambil potongan kapas baru, dan dicelupkan kembali ke dalam cairan vanili baru. Lalu, tinggalkan di dalam lemari es selama 12 jam. Nanti, Anda akan menghasilkan aroma segar dan juga bersih.

Demikianklah lima tips alami membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap di dalam lemari es. Satu catatan untuk Anda, aroma tak sedap pada lemari es, sangat tergantung dari jenis makanan yang Anda simpan.

Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.