Sukses


Tips Mendekorasi Dinding Rumah dengan Piring

Deretan piring-piring dapat mengisi ruang kosong pada dinding dan menjadikannya sebuah karya seni yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Mendekorasi dinding dengan piring adalah salah satu cara yang kreatif dan tidak mahal untuk membuat sebuah titik fokus pada suatu ruangan. Daripada hanya menggunakan foto atau sebuah lukisan, deretan piring-piring dapat mengisi ruang kosong pada sebuah dinding dan menjadikannya sebuah karya seni yang unik.

Untuk menciptakan tampilan yang kuat, pertimbangkan untuk memilih piring yang memiliki banyak warna putih. Ikuti tips berikut dari Rumah.com dalam memilih, menyusun serta menggantung piring Anda di dinding.

Gunakan piring berwarna putih

Anda dapat menemukan dengan mudah piring-piring berwarna putih. Pilih piring putih dengan berbagai ukuran dan bentuk di toko-toko perabotan atau penjual barang bekas. Gunakan warna lain yang kuat di sekitar piring putih untuk membuat titik fokus yang cantik.

TipsDekorDinding-PiringPutih

Buat Perencanaan Penempatan Piring

Jika Anda mencari panduan yang lengkap dalam menyusun piring-piring di dinding, simak gambar yang dibuat oleh Fred Gonsowski berikut ini.

TipsDekorDinding-FredGonsowski

Tandai area piring di dinding

Buat panduan yang tepat sebelum Anda mulai menata piring-piring di tembok. Tentukan area yang akan dikerjakan, buat simulasi penataan piring di lantai dan hitung berapa tinggi serta lebar area yang dibutuhkan.

Tandai area piring di dinding dengan selotip berwarna. Mulai kerjakan di area paling atas dan dilanjutkan dengan area paling bawah, lanjutkan bagian tengah kemudian mulai taruh piring-piring di area lainnya sesuai simulasi yang telah dilakukan di lantai sebelumnya.

TipsDekorDinding-TandaiDinding

Selain menandai dengan selotip berwarna, Anda bisa membuat desain penataan piring menggunakan kertas sampul cokelat yang sudah digunting sesuai dengan ukuran masing-masing piring dan tempelkan di dinding sebagai panduan.

TipsDekorDinding-PiringKardus

Ada cara lain dalam menandai area pemasangan piring di dinding, yaitu tata piring di atas kertas roti dan gambarkan masing-masing piring kemudian tempelkan kertas di dinding. Ketika semua piring sudah diletakkan di tempatnya, lepas kertas dengan cara merobeknya dengan perlahan.

Berbagai Cara Menggantungkan Piring?

Gunakan pengait logam berbentuk cincin yang biasa digunakan di belakang bingkai dan biasa dijual di toko-toko. Tempelkan pengait ke piring menggunakan lem yang cukup kuat untuk mencegahnya terlepas.

TipsDekorDinding-Pengait

Beberapa toko menjual pengait yang dapat dipasang dan dilepas secara tidak permanen. Anda hanya perlu mengusap bagian perekat dengan sedikit. Ketika ingin melepas gantungan dari piring, rendam piring di dalam air.

TipsDekorDinding-Velcro

Ada metode lain yang lebih murah dalam membuat gantungan bagi piring-piring tersebut, yaitu dengan menggunakan penjepit kertas yang ditempelkan menggunakan lem kuat kepada bagian belakang piring. Alternatif lain, gunakan perekat berbentuk Velcro yang dapat menahan benda berat dengan sempurna.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.