Sukses


Inilah Rumah Subsidi di Jawa Tengah Harga Rp110 Jutaan

Simak lima daftar rumah subsidi mulai Rp100 jutaan di Jawa Tengah!

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan era Joko Widodo – Jusuf Kalla hingga kini masih menggalakan Program Sejuta Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang berpendapatan Rp2,5 juta hingga Rp4 juta tiap bulan.

Program ini merupakan gerakan bersama antara Pemerintah Pusat, Daerah, Dunia Usaha (pengembang) dan masyarakat, untuk mewujudkan kebutuhan akan tempat tinggal.

Sejatinya, program ini dibentuk atas latar belakang rendahnya daya beli masyarakat, untuk memiliki rumah subsidi melalui KPR karena adanya kewajiban membayar uang muka sebesar 10%.

Selain itu, kurang kondusifnya regulasi yang terkait dengan pertanahan dan perijinan yang dirasakan, memberatkan pengembang khususnya pengembang yang akan membangun rumah bagi MBR.

Maka dari itu Pemerintah berupaya menciptakan daya beli masyarakat dengan menurunkan kewajiban uang muka menjadi mulai 1% dari harga jual rumah, dan memberikan bantuan subsidi langsung kepada MBR berdasarkan tingkat kemampuan ekonomi.

Masyarakat juga diringankan dengan suku bunga 5% flat (tetap) selama jangka waktu KPR, sudah termasuk premi asuransi jiwa dan asuransi kebakaran. Tenor KPR yang diberikan dapat dinikmati hingga 20 tahun.

Perumahan Subsidi di Jawa Tengah

Jika Anda termasuk dalam golongan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), maka Anda boleh mengajukan aplikasi kepada beberapa bank pelaksana KPR FLPP yang ditunjuk, meliputi:

  • Bank Tabungan Negara (BTN)
  • Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah
  • Bank Mandiri
  • Bank Negara Indonesia (BNI)
  • Bank Artha Graha
  • Bank Mayora

Dan khusus bagi Anda yang menyasar rumah subsidi di wilayah Jawa Tengah, berikut Rumah.com rangkum lima daftarnya untuk Anda.

Citra Harmoni 3

Berlokasi di Jalan Mayjend Bambang Sugeng 317 Mertoyudan, Magelang, perumahan subsidi ini memasarkan hunian tipe LB 30M2 dan LT 60M2 seharga Rp116,5 juta.

Perhitungan kasarnya, jika uang muka yang harus dibayar sebesar 5% atau Rp5,825 juta, maka sisa harga jual rumah yang mesti dicicil adalah Rp110.675.000. Bila jangka waktu KPR yang diambil 15 tahun dengan suku bunga tetap 5%, maka angsuran per bulan adalah Rp875.211.

Taman Edelweis

Beralih ke kawasan Kemangkon, Pubalingga, Anda bisa menemukan perumahan subsidi bernama Taman Edelweis. Harga rumah yang ditawarkan sebesar Rp124 juta, dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi di dalamnya.

Dengan luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi, penghuni akan mendapatkan sisa lahan di halaman belakang seluas 3×3 m2. Anda boleh merenovasinya untuk menambah jumlah kamar tidur saat punya dana lebih.

Perumahan Nirwana Residence

Di kawasan Kaliwungu Selatan, Kendal, ada salah satu perumahan subsidi yang menawarkan fasilitas uang muka ringan hanya 5% dan dapat diangsur tiga kali. Oleh karena itu dari harga jual rumah Rp116,5 juta, DP yang harus disetor ke pengembang yakni Rp5,825 juta.

Spesifikasi bangunan yang digunakan adalah batu kali untuk pondasi, dinding bata, kusen kayu Jawa keras, pintu double triplek, dan saniter berupa kloset jongkok. Eksterior hunian di sini didominasi oleh warna-warna cerah dan segar seperti orange dan kuning.

Griya Giri Jati

Masih dibangun oleh developer yang sama dengan Perumahan Nirwana Residence, Griya Giri Jati yang berada di kawasan Wonogiri memasarkan rumah subsidi tipe 27/60 senilai Rp116,5 juta.

Jika berminat, Anda dapat mencicilnya selama 20 tahun dengan pokok angsuran tiap bulan Rp730.406 (asumsi suku bunga tetap 5%). Untuk Pegawai Negeri Swasta (PNS) pengembang memperbolehkan besaran uang muka rumah 1%, sementara bagi Pegawai Swasta maupun umum dipatok 5%.

Perumahan Citra Santika

Perumahan subsidi yang beralamat di Jalan Waru – Gentan, Sukoharjo ini berada sekitar 5km dari Jalan Slamet Riyadi dan Stasiun Purwosari. Lewat stasiun ini, warga bisa menuju sejumlah kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

Untuk harga rumah subsidi terendah dibanderol Rp125 juta, dengan luas bangunan 21M2 dan LT 60M2. Uang muka yang diminta pengembang kepada calon konsumen yang tertarik adalah Rp17 juta, dengan pilihan tenor KPR maksimal 20 tahun.

Jarak antara Perumahan Citra Santika dengan Stasiun Purwosari, Jawa Tengah. (Google)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.