Sukses


Simak Cara Menyegarkan Tanaman Layu

Jangan dulu menyerah ya, ternyata kita masih bisa melakukan perawatan intensif untuk mengembalikan kesegaran daun yang mulai menguning

Liputan6.com, Jakarta Rumah yang asri akan terlihat lebih lengkap dengan hadirnya tanaman hijau. Selain diletakkan di teras atau taman belakang, beberapa jenis tanaman hijau juga ada yang digunakan untuk menghias ruangan.

Masalah yang muncul saat memelihara tanaman di dalam rumah adalah minimnya pasokan sinar matahari langsung. Hal ini membuat umur tanaman menjadi lebih pendek.

Lantas bagaimana jika tanaman kesayangan kita tiba-tiba layu dan hampir mati? Jangan dulu menyerah ya, ternyata kita masih bisa melakukan perawatan intensif untuk mengembalikan kesegaran daun menguning dan kecoklatan tersebut.

Dikutip dari Rumah.com, ada lima cara yang bisa kita coba.

Ganti pot

Tanaman seperti sukulen yang terlihat layu bisa segar kembali dengan dipindahkan ke pot dan tanah yang baru.

Pilih pot dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Dengan begitu akarnya bisa tumbuh bercabang dengan lebih kuat.

Rawat Lebih Baik
Sama seperti manusia, tanaman juga membutuhkan makanan yang sehat. Untuk itu Anda perlu mengganti tanah yang lama dengan tanah baru dengan kualitas humus yang baik.

Tanaman yang mendapat penggantian tanah baru otomatis juga mendapat asupan gizi yang lebih sehat.

Anda juga bisa menambahkan beberapa pupuk di sekitar tanah. Namun untuk hasil maksimal jangan terlalu banyak memberikan banyak asupan gizi dalam satu waktu. Tanaman memerlukan waktu perlahan untuk beradaptasi.

Beri asupan sinar matahari secara perlahan
Sinar matahari memang berperan penting untuk proses fotosintesis tanaman hijau. Namun hindari paparan sinar matahari langsung yang bersuhu tinggi ketika tanaman Anda sedang layu. Hal ini justru akan semakin memperburuk kondisi mereka.

Anthony Smith dari Nursery Enterprises mengatakan, “Cukup berikan asupan sinar matahari tidak langsung dalam waktu singkat hingga tanaman Anda kembali pulih,”

Jangan menyiram terlalu sering

Kesalahan yang sering dilakukan ketika melihat tanaman hampir mati adalah tidak memahami kebutuhan tanaman dan dan terus menyiraminya dengan air. Untuk beberapa jenis tanaman, mereka jadi lebih cepat layu.

Mengusir hama
Jika di permukaan daun terdapat lubang, bintik-bintik atau terlihat layu, bisa jadi ada serangga yang hinggap di sekitarnya.

Solusinya, Anda bisa mengusir hama tersebut dengan mengelap daun perlahan menggunakan air yang dicampur oleh sabun lembab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.